Hadiri HUT Kopassus, Prabowo Didaulat Cek Ketajaman Silet

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 12:13 WIB
Hadiri HUT Kopassus, Prabowo Didaulat Cek Ketajaman Silet Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto datang ke HUT Kopassus sebagai tamu VIP. Ia diketahui pernah memimpin pasukan elite itu sebagia komandan jenderal pada 1995-1998. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto didaulat memeriksa ketajaman silet oleh salah satu prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4). Silet yang diperiksa ketajamannya oleh Prabowo itu ternyata dimaksudkan untuk atraksi prajurit yang sedang memeriahkan HUT Kopassus di Lapangan Markas Kopassus, Jakarta.

Semua itu bermula ketika Prabowo yang juga mantan Komandan Jenderal Kopassus beserta sejumlah tamu VIP yang duduk di barisan terdepan dipanggil untuk memeriksa keaslian alat bakal dipakai prajurit beratraksi debus.

Prabowo yang sedang duduk, ketika dihampiri prajurit Kopassus menyodorkan silet itu langsung berdiri. Ia mengambil silet itu dan memeriksa ketajaman silet itu dengan teliti.


Dibolak-baliknya silet yang diserahkan kepada dirinya oleh prajurit, lalu ia angguk-angguk seraya tersenyum tanda sebagai puas dengan hasil pemeriksaannya.


Setelahnya, prajurit tersebut pun langsung melanjutkan atraksi debus memakan silet untuk memeriahkan HUT Kopassus.

"Ya sekarang kita lihat silet tersebut dikunyah," ujar pembawa acara menarasikan apa yang tengah dilakukan para prajurit penampil di lapangan Makopassus.

Prabowo yang melihat atraksi tersebut langsung bertepuk tangan, mengapresiasi atraksi debus tersebut.

Selain atraksi debus, para prajurit juga menampilkan berbagai keterampilan lain seperti atraksi pawang ular berbisa, memecahkan tembok dengan kepala dan tangan, hingga memperlihatkan kemampuan menembak jitu.

Dalam kesempatan itu, Prabowo yang hadir dalam kapasitasmya sebagai mantan pemimpin pasukan elite itu menyampaikan selamat atas HUT Kopassus yang ke-67. Dia mengaku sangat bahagia dan bangga melihat para prajurit tampil dengan perkasa.

"Jadi saya hari ini sangat bahagia. Sangat bangga. Saya lihat penampilan prajurit Kopassus luar biasa," kata Prabowo.

"Semangat, kemampuan mereka, fisik mereka menunjukkan kemampuan yang luar biasa. Saya bangga sekali bahwa kualitas Kopassus masih sangat, sangat, sangat tinggi. Jadi saya sangat bangga hari ini," kata mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut.


Hari ini adalah peringatan ke-67 HUT Kopassus. Dalam sejarahnya, pasukan elite yang menjadi bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur TNI AD itu dipelopori Letkol Slamet Riyadi pasca penumpasan kelompok Republik Maluku Selatan (RMS) pada 1950 silam.

Satuan militer pemukul elite itu kemudian diwujudkan Kolonel AE Kaliwirang--yang memimpin Tentara Teritorium II menumpas RMS--secara resmi pada 16 April 1952. Kesatuan Komando Teritorium III yang dibentuk AE Kaliwirang itu kemudian menjadi cikal bakal Korps Baret Merah.

Dalam perjalanannya, pasukan elite itu mengalami sejumlah perubahan nama yakni Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD), Komando Angkatan Darat (KKAD), Pusat Pasukan Khusus TNI AD (PUSPASSUS TNI AD),Komando Pasukan Sandi Yudha (KOPASSANDHA).

Terakhir, sejak 1985 hingga sekarang, pasukan itu bernama Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS).

Kini, Prabowo pun berharap pasukan itu bisa terus mempertahankan semangat dan kemampuan yang dimiliki saat ini.

"Kopassus agar tetap semangat. Pertahankan kemampuan. Selalu setia kepada negara dan bangsa. Oke," pesan Prabowo.

(tst/kid)