Jokowi Lantik Eks Komandan Brimob Sebagai Gubernur Maluku

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 12:01 WIB
Presiden Joko Widodo bakal melantik Gubernur dan Wagub Maluku terpilih, Murad Ismail dan Barnabas Orno bakal dilantik siang ini di Istana Negara. Gubernur Maluku terpilih Murad Ismail dan wakil gubernur Maluku terpilih Barnabas Orno akan dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku hasil Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, Murad Ismail dan Barnabas Orno bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4) siang.

"Iya rencananya jam dua (siang) nanti," kata Pelaksana tugas Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon.

Murad dan Barnabas pun sudah tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta sekitar pukul 11.45 WIB. Murad mengaku dirinya bersama Barnabas sudah siap dilantik menjadi Gubernur dan Wagub Maluku terpilih.

"Ooh siap, kalau di Istana sini kan kita (saya) sudah sering masuk," ujar Murad sambil terus melangkah masuk ke dalam kawasan Istana Negara


Murad yang juga mantan Komandan Korps Brimob Polri itu bersama Barnabas keluar sebagai pemenang Pilgub Maluku 2018. Pasangan ini unggul dari pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun, dan pasangan Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath.

Murad bersama Barnabas mendapatkan 328.982 suara. Sementara Said-Anderias berada di urutan kedua dengan 251.036 suara, dan di posisi terakhir Herman-Abdullah dengan perolehan 225.636 suara.

Dalam Pilgub Maluku 2018, Murad dan Barnabas diusung oleh PDIP, Gerindra, NasDem, PKB, Hanura, PKPI, PAN dan PPP. Dengan koalisi delapan partai pensiunan jenderal bintang dua itu berhasil menumbangkan petahana.

Murad sendiri adalah Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf untuk wilayah Maluku.

Dalam pelantikan siang nanti, seperti proses pelantikan gubernur dan wakil gubernur sebelumnya, Murad dan Barnabas bakal melalui serangkaian prosesi.

Murad-Barnabas bakal lebih dahulu mengambil petikan surat keputusan di Istana Merdeka.

Kemudian mereka akan berjalan bersama Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menuju Istana Negara, untuk diambil sumpah jabatan. (fra/osc)