Mendagri: Seyogianya Sandiaga Tak Kembali Jadi Wagub DKI

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 14:55 WIB
Mendagri: Seyogianya Sandiaga Tak Kembali Jadi Wagub DKI Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merespons isu bahwa calon wakil presiden 02 Sandiaga Uno akan kembali menduduki kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Tjahjo menyebut sebaiknya Sandi tak kembali ke kursi DKI 2 setelah menyatakan mundur demi ikut Pilpres 2019.

"Menurut saya yang bersangkutan sudah minta mundur secara sukarela ya, seyogianya tidak kembali lagi," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/4).

Tjahjo mengatakan memang secara aturan tak dilarang seseorang yang sudah menyatakan mundur sebagai wagub untuk kembali menempati jabatan itu. Namun soal itu dia pun menyerahkan sepenuhnya kepada partai politik pengusung.


"Di aturannya sih enggak ada, di UU (undang-undang) enggak ada. Silakan saja itu kan kewenangan partai politik," ujarnya.

Meskipun demikian, Tjahjo menilai Sandi kembali menduduki kursi Wagub DKI lagi karena secara resmi sudah mengundurkan diri. Belum lagi sejauh ini partai pengusung juga sudah melakukan seleksi calon wagub pengganti Sandi.

"Ya kan sudah terbuka menyatakan saya mundur untuk fokus pada cawapres," kata politikus PDIP itu.
Mendagri: Seyogianya Sandiaga Tak Kembali Jadi Wagub DKISandiaga Uno. (CNN Indonesia/Aini Putri)

Tjahjo pun berharap proses penentuan Wagub DKI Jakarta bisa segera selesai dilakukan. Menurut Tjahjo, semua keputusan saat ini ada di tangan partai pengusung, yakni Gerindra dan PKS, sebelum dibawa ke DPRD DKI Jakarta.

"Sebenarnya lebih cepat lebih baik. Ini kan ikut kewenangan di parpol," ujarnya.

Sebelumnya, Sandi menyebut posisi Wagub DKI Jakarta yang dirinya lepas merupakan jatah PKS. Ia pun meminta semua pihak untuk menghentikan isu bahwa dirinya akan kembali menjabat Wagub DKI Jakarta.

"Wakil Gubernur DKI sudah ditentukan dan diserahkan kepada Partai Keadilan Sejahtera. End of question. No more discussion," cetus Sandi di kediamannya, Jakarta Selatan , Selasa (23/4).

Sejauh ini sudah ada dua nama calon Wagub DKI Jakarta dari PKS yang tengah menjalani proses seleksi. Mereka adalah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Partai Gerindra dan PKS pun telah menyapakati dua nama tersebut untuk diseleksi.

[Gambas:Video CNN] (fra/osc)