Eks Komandan Brimob Murad Ismail Resmi Jabat Gubernur Maluku

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 14:37 WIB
Eks Komandan Brimob Murad Ismail Resmi Jabat Gubernur Maluku Gubernur dan wakil gubernur Maluku hasil pemilihan gubernur (Pilgub) 2018, Murad Ismail dan Barnabas Orno dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik gubernur dan wakil gubernur Maluku terpilih, Murad Ismail dan Barnabas Orno. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4).

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Jokowi kepada Murad dan Barnabas di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

Jokowi mulanya menyerahkan petikan kepada Murad, kemudian dilanjutkan kepada Barnabas. Jokowi turut didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Selepas itu Jokowi dan Tjahjo serta Murad dan Barnabas berjalan bersama diiringi pasukan kirab kehormatan. Mereka berjalan menuju Istana Negara di tengah rintik hujan.


Eks Komandan Brimob Murad Ismali Resmi Jabat Gubernur MalukuMurad Ismail dan Barnabas. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Sampai di Istana Negara, Murad dan Barnabas menempati posisi masing-masing di lokasi pelantikan. Proses diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 189/P Tahun 2018 Tentang Pengesahan, Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan 2019-2024. Keputusan ini ditetapkan di Jakarta 28 September 2018.

Setelah itu, Jokowi kemudian menanyakan kesediaan mereka berdua sebelum diambil sumpah jabatan. "Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah suadara-saudara mengucapkan sumpah menurut agama masing-masing?" kata Jokowi.

"Bersedia," ujar mereka berdua.

Jokowi kemudian meminta Murad dan Barnabas mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dirinya bacakan.

"Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar RI 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Jokowi yang diikuti Murad dan Barnabas.


Setelah pembacaan sumpah, Murad dan Barnabas menandatangani berita acara pelantikan sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku 2019-2024.

Hadir dalam pelantikan di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Sri Adiningsih, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar.

Hadir juga Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Kemudian, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, hingga Sekretaris Jenderal Hanura Herry Lontung Siregar.

Murad dan Barnabas merupakan pemenang pemilihan gubernur (Pigub) Maluku 2018. Mereka ditetapkan sebagai pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Juli 2018.


Murad-Barnabas unggul dari pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun, dan pasangan Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath.

Murad bersama Barnabas mendapat 328.982 suara. Sementara Said-Anderias berada di urutan kedua dengan 251.036 suara, dan di posisi terakhir Herman-Abdullah dengan perolehan 225.636 suara.

Sebelum terpilih sebagai gubernur Maluku, Murad menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri dengan pangkat terakhir bintang dua. Sementara pasangannya, Barnabas adalah bupati Maluku Barat Daya.


(fra/ain)