Pintu Air Depok Siaga 1, Jakarta Terancam Banjir Kiriman

tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/04/2019 01:15 WIB
Pintu Air Depok Siaga 1, Jakarta Terancam Banjir Kiriman Ilustrasi pintu air. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan yang mengguyur wilayah Bogor, Depok dan Jakarta membuat ketinggian muka air di Pintu Air Depok dan Pasar Ikan terus naik. Kedua pintu air tersebut kini berstatus siaga 2.

Berdasarkan informasi yang dipublikasikan BPBD DKI Jakarta, ketinggian muka air Pintu Air Depok naik dengan cepat sejak Kamis malam (25/4) pukul 22.00 WIB. Tinggi muka air yang semula 110 cm naik dengan cepat mencapai 360 cm hingga Jumat (26/4) pukul 00.43 WIB.

"Dihimbau kepada warga bantaran Sungai Ciliwung agar selalu waspada banjir kiriman," tulis BPBD DKI Jakarta dalam akun Twiternya. 


Bendungan Katulampa hingga Jumat (26/4) pukul 00.43 WIB juga berstatus siaga 2, setelah sempat berstatus siaga 1 dua jam sebelumnya dengan ketinggian air 250 cm. Hujan juga disebut masih mengguyur di wilayah sekitar bendungan.


"Antisipasi 6-9 jam ke depan, kiriman air akan sampai Pintu Air Manggarai," jelas BPBD.

BPBD menginformasikan wilayah yang akan dilewati kiriman air dari Bogor dan Depok, yakni Srengseng Sawah, Rawajati, Pangadegan, Cikoko, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.


Sementara itu, Status siaga 2 juga berlaku pada Pintu Air Pasar Ikan. Tinggu muka air di pintu air tersebut mencapai 213 cm.

Berdasarkan ramalan cuaca BMKG, hujan berintensitas sedang hingga lebat akan terjadi di sebagian besar wilayah Depok dan Jakarta hingga Jumat (26/4) pukul 02.00 WIB. (agi/agi)