Polri Siapkan Kantong Parkir untuk Pemudik di Jalur Pantura

tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/04/2019 04:26 WIB
Polri Siapkan Kantong Parkir untuk Pemudik di Jalur Pantura Ilustrasi kantong parkir. (Alif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korlantas Polri memastikan sejumlah titik kantong parkir di sepanjang jalur Pantura sudah siap untuk menampung kendaraan pemudik selama arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan pihaknya sudah menentukan titik mana yang dapat dijadikan kantong parkir. Beberapa di antaranya, ada di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang dan Jembatan Timbang Losarang, Indramayu, Jawa Barat.

"Losarang ini merupakan kantong parkir utama yang disiapkan oleh Indramayu, oleh Polda Jabar," kata Refdi saat meninjau Jembatan Timbang Losarang, Kamis (25/4).



Kantong parkir di Jembatan Timbang Losarang, menurut Refdi, diperkirakan dapat menampung sekitar 1.500 motor atau 3.000 orang pemudik. Sejumlah fasilitas pendukung pun akan turut disiapkan untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik.

"Di sini akan dilengkapi segala fasilitas termasuk kesehatan, pengisian bahan bakar, berjualan untuk buka puasa dan sahur, ada juga bengkel portabel, dan lain-lain," imbuhnya.


Refdi sebelumnya menyebut jumlah pemudik untuk libur panjang Idul Fitri 1440 H akan meningkat hingga 30 persen dibanding tahun lalu. Peningkatan jumlah pemudik disebut juga akan berasal dari pengemudi sepeda motor.

Namun, karena sepeda motor jadi penyumbang angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi setiap tahun, ia mewanti-wanti agar pemudik dengan sepeda motor lebih bersiap diri dalam perjalanan.

Korlantas Polri dan instansi terkait melakukan survei kesiapan jalur mudik tahun ini di sepanjang jalur pantura dan jalur selatan. Adapun rute yang masuk dalam pengecekan merentang dari Bekasi, Cirebon, Brebes, Purwokerto, Banjar, Tasikmalaya, Bandung, dan kembali ke Jakarta. (bin/agi)