Tentukan Awal Ramadan, Kemenag Gelar Sidang Isbat 5 Mei

CNN Indonesia | Jumat, 26/04/2019 14:30 WIB
Ilustrasi pemantauan hilal. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadan 1440 hijriah.

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Sya'ban 1440 H," kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (26/4).

Amin mengatakan seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, sidang isbat itu digelar berdasarkan pantauan hilal atau bulan sabit pertama di 34 provinsi Indonesia.


Proses sidang isbat, kata Amin, bakal dimulai pukul 16.00 WIB yang diawali dengan pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440H. Puncak sidang isbat yakni penetapan awal Ramadan bakal digelar selepas salat magrib setelah tiba laporan hasil rukyatul hilal dari masing-masing lokasi pemantauan.


Amin menyatakan sidang isbat yang digelar di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat itu akan mengundang duta besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Lalu Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, serta pakar falak dari ormas-ormas Islam.

"Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," ujar Amin.

Di satu sisi, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan 1440 hijriah jatuh pada 6 Mei 2019. Itu ditetapkan berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid, PP Muhammadiyah.

Hal tersebut diumumkan PP Muhammadiyah lewat maklumat bernomor 01/MLM/I.0/E/2019 yang dikutip dari situs resmi organisasi kemasyarakatan Islam tersebut.

"Ijtimak jelang Ramadan 1440 H terjadi pada hari Ahad Kliwon, 5 Mei 2019 pukul 05:48:25 WIB," demikian nukilan maklumat PP Muhammadiyah.

Karena hilal telah terlihat, maka 1 Ramadan 1440 H dinyatakan jatuh pada Senin legi, 6 Mei 2019.

Sementara itu, untuk 1 Syawal 1440 hijriah alias hari raya Idul Fitri dinyatakan jatuh pada Rabu legi, 5 Juni 2019. Hal itu diketahui karena pada pengamatan untuk Senin wage, 3 Juni 2019, hilal belum tampak.

(kid/dea)
1 dari 2