FOTO : Penyandang Disabilitas Cicip Fasilitas LRT

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Sabtu, 27/04/2019 20:56 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Fasilitas Light Rail Transit (LRT) bisa dijangkau penyandang disabilitas, 'keramahan' itu telah dicicip sejumlah aktivis Jakarta Barrier Free Tourism (JBFT).

Petugas membantu penyandang disabilitas naik ke kereta LRT di Stasiun LRT Veldrome, Jakarta, Sabtu (27/4). kegiatan yang diikuti Jakarta Barrier Free Tourism (JBFT) tersebut untuk mengenalkan lebih dekat LRT. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Fasilitas modern yang disediakan LRT Jakarta, antara lain eskalator, elevator atau lift untuk penumpang berkebutuhan khusus, ramp, kamera pengintai atau CCTV, ruang medis, guiding block untuk menuntun jalan penumpang tunanetra, toilet bagi difabel, serta kursi prioritas di peron maupun di dalam kereta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain itu, nantinya terdapat petugas pelayanan di stasiun yang akan membantu penyandang disabilitas untuk naik dan turun kereta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Petugas membantu seorang penyandang disabilitas naik ke kereta LRT di Stasiun LRT Veldrome, Jakarta, Sabtu (27/4). Kegiatan yang diikuti Jakarta Barrier Free Tourism (JBFT) tersebut untuk mengenalkan lebih dekat LRT.
Penyediaan sarana dan prasarana ramah penyandang disabilitas tersebut merupakan upaya pemerintah memenuhi haknya sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Merujuk data Bappenas, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia, diperkirakan sekitar 15 persen dari jumlah penduduk, yakni 36 juta jiwa. Adapun di Jakarta, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, pada 2015 tercatat jumlah penyandang disabilitas di Ibu Kota mencapai 6.003 jiwa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
LRT Jakarta tersebut akan terus dievaluasi sampai dinyatakan laik dioperasikan untuk umum. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)