JK Tak Masalah Prabowo Ikut May Day: Siapapun Boleh Hadir

CNN Indonesia | Rabu, 01/05/2019 00:48 WIB
JK Tak Masalah Prabowo Ikut May Day: Siapapun Boleh Hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla tak mempermasalahkan siapa saja pihak yang ikut menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu 1 Mei, termasuk calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto.

Menurutnya siapapun boleh hadir dalam peringatan May Day tersebut."Siapa saja boleh hadir. Kamu juga boleh hadir. Kalau soal hadir saja silakan," kata JK di istana wakil presiden, Jakarta, Selasa (30/4).

Lebih jauh JK meminta para buruh tak mengganggu arus lalu lintas dan bikin kemacetan saat mengikuti peringatan May Day. Ribuan buruh sebelumnya disebut akan mengikuti May Day yang digelar di Istora Senayan dan Istana Negara.


"Ya mau di jalan silakan, tapi jangan menghambat lalu lintas," ujar dia.

Sebelumnya dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin organisasi buruh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat Jumat (26/4), Presiden Jokowi meminta seluruh unsur sepakat peringatan Hari Buruh berlangsung damai.

"Semuanya sepakat bahwa peringatan hari buruh akan dilakukan dengan cara-cara kegiatan-kegiatan yang baik, yang memberikan ketenangan dan damai," kata Jokowi.

Sementara, Presiden KSPSI Andi Gani Nuwa Wea menekankan agar pemerintah membentuk desk perburuhan di kepolisian untuk melindungi hak-hak buruh. Desk perburuan di kepolisian itu bisa menjadi tempat mencari keadilan para buruh.

(psp/osc)