FOTO: Warna-warni Peringatan Hari Buruh Internasional 2019

Andry Novelino, REUTERS, ANTARA FOTO, CNN Indonesia | Rabu, 01/05/2019 15:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Peringaatan Hari Buruh Internasional 2019 kembali diwarnai dengna aksi demo dan mengajukan tujuh tuntutan kepada pemerintah.

Para buruh melakukan aksi Peringatan Hari Buruh (May Day) di area Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu 1 Mei 2019.  (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ratusan buruh akan longmarch menuju Istana Negara dari titik kumpul di bundaran Patung Kuda untuk menyampaikan aspirasi mereka. (Antara Foto/ Wahyu Putro A/pd)
Namun, polisi memusatkan kegiatan aksi hari buruh di sekitar Patung Kuda dan melakukan sterilisasi kawasan Istana. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Para buruh yang tergabung dalam Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) mengajukan tujuh tuntutan kepada pemerintah (REUTERS/Willy Kurniawan)
Mereka minta rezim upah murah dihapus, menaikkan jumlah komponen hidup layak, penghapusan perbudakan modern berkedok pemagangan dan honorer (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Buruh juga meminta memberikan jaminan pekerjaan untuk rakyat dan menghentikan PHK massal dan mengangkat pekerja outsourcing di BUMN menjadi tetap (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Asosiasi juga meminta meminta pemerintah untuk memperketat aturan kerja bagi tenaga kerja asing (REUTERS/Willy Kurniawan)
Para buruh juga meminta Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.36 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri dicabut. (Antara Foto/ Wahyu Putro A)
Pemerintah juga diminta mengantisipasi dampak revolusi industri 4.0 dan membatalkan otomatisasi gardu tol karena mengakibatkan puluhan ribu buruh ter-PHK (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dalam aksi ini, jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) juga ikut melakukan aksi dan mengajak untuk seluruh Jurnalis bangkit melawan kekerasan, pemberangusan dan turbulensi industri media. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/PD)