Polisi Dalami Keterlibatan Anarcho Syndicalism di Tiga Kota

CNN Indonesia | Kamis, 02/05/2019 23:22 WIB
Polisi Dalami Keterlibatan Anarcho Syndicalism di Tiga Kota Karopenmas Divisi Humas Polri Dedi Prasetyo menyebut pihaknya mendalami keterlibatan Anarcho Syndicalisme dalam kerusuhan di hari buruh di tiga kota. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi mendalami keterkaitan kerusuhan yang terjadi di tiga wilayah pada saat aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day, Rabu (1/5), yakni di Bandung, Surabaya, dan Jakarta.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya mendalami kemungkinan kerusuhan di tiga wilayah tersebut dilakukan oleh satu kelompok yang sama, yakni Anarcho Syndicalism.

"Masih didalami indikasi di Jakarta dan Surabaya serta Bandung," kata Dedi saat dikonfirmasi, Kamis (2/5).


Senada, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menuturkan pihaknya juga masih menyelidiki kemungkinan massa berbaju hitam yang merusak pagar halte Transjakarta Tosari berkaitan dengan kelompok di Bandung ataupun Surabaya.

"Sedang dilidik apakah [massa di Jakarta] ada kaitannya dengan di kota-kota besar lainnya," ujar Argo.

Argo juga masih belum bisa memastikan bahwa massa berbaju hitam tersebut tergabung dalam kelompok Anarcho Syndichalisme.

"Kita sedang lidik, bahkan kita lidik apakah ada kaitannya dengan jaringan internasional," ucap Argo.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan insiden kerusuhan yang terjadi di beberapa daerah saat aksi Hari Buruh, Rabu (1/5) kemarin, dipicu oleh kelompok Anarcho Syndicalism.

[Gambas:Video CNN] (dis/arh)