PDIP Akan Bahas Demokrat Gabung Koalisi Jokowi-Ma'ruf

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 14:14 WIB
PDIP Akan Bahas Demokrat Gabung Koalisi Jokowi-Ma'ruf AHY bertemu Jokowi di Istana Negara. (Dok. Biro Pers Setpres/Rusman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani menyambut baik pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang berlangsung empat mata di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/5).

Puan enggan berspekulasi pertemuan Jokowi dengan AHY merupakan sinyal Demokrat masuk ke dalam koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurut Puan, partai koalisi Jokowi-Ma'ruf akan membicarakan soal bergabungnya Demokrat.

"Kan kita lihat ini bukan hanya PDIP tapi semua partai yang masuk di koalisinya Pak Jokowi lah. Nanti kami harus sama-sama bicara," kata Puan saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5).


Putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu menyatakan ada hal-hal yang harus dipertimbangkan bersama partai koalisi Jokowi-Ma'ruf terkait kemungkinan Demokrat bergabung. Namun, ia enggan menjelaskan pertimbangan apa yang dirinya maksud.


"Ya kan ada hal tertentu yang harus kita pertimbangkan bagaimana nantinya," ujarnya.


Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut kemungkinan Demokrat merapat ke dalam koalisi Jokowi-Ma'ruf masih menunggu hasil resmi penghitungan yang dilakukan KPU pada 22 Mei mendatang.



"Ini kan merapatnya masih menunggu hasil resmi tanggal 22 nanti, jadi kita tunggu hasil saja," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan.
PDIP Akan Bahas Demokrat Gabung Koalisi Jokowi-Ma'rufPuan Maharani. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Airlangga enggan bicara lebih lanjut soal kemungkinan Demokrat merapat ke dalam koalisi setelah terjadinya pertemuan antara Jokowi dengan AHY, yang merupakan putra sulung Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia menyebut keputusan Demokrat masuk koalisi sepenuhnya berada di tangan Jokowi.



"Masih menunggu itu, kita tunggu saja, karena itu prerogratif Pak Presiden. Itu tergantung pak presiden," ujarnya.


Sebelumnya, Jokowi bertemu empat mata dengan AHY di Istana Merdeka, Kamis (2/5). Pertemuan berlangsung sekitar 20 menit. Namun, usai pertemuan AHY tak menjawab saat ditanya apakah pertemuan dengan Jokowi merupakan langkah awal Demokrat bergabung dalam koalisi.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa pertemuan Jokowi dengan AHY merupakan upaya merangkul Demokrat masuk dalam koalisi.

"Ya sepertinya yang terlihat seperti itu (upaya merangkul Demokrat masuk koalisi Jokowi-Ma'ruf)," kata Moeldoko yang juga menjabat Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, di Kantornya, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/5).

[Gambas:Video CNN] (fra/DAL)