KPU Gelar Pleno Hasil Pemilu Luar Negeri Mulai Hari Ini

CNN Indonesia | Sabtu, 04/05/2019 10:28 WIB
KPU Gelar Pleno Hasil Pemilu Luar Negeri Mulai Hari Ini Ilustrasi rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai hari ini akan menggelar rapat pleno rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara pemilihan umum luar negeri.

"Hari ini kami akan memulai rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat nasional dan bagian akhir akan ditetapkan hasil Pemilu Nasional 2019," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Sabtu (4/5).

Rapat pleno tersebut turut dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP), Panitia Penyelenggara dan Pemilu Luar Negeri (PPLN).


Selain itu, rapat juga dihadiri oleh perwakilan masing-masing partai dan perwakilan dari Tim Kampanye Naional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin maupun Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo- Sandiaga Uno.

Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan akan ada 26 dari total 130 hasil pemilu luar negeri yang ada dibacakan dalam rapat pleno KPU hari ini. 


Hasil pemilu tersebut antara lain dari Sarajevo, Pyong Yang, Lima, Tashkent, Cape Town, Bucharest, Tunis, Lisabon, Karachi, Praha, Hanoi, Yangon, dan Rabat.

Selain itu ada pula hasil pemilu dari New Delhi, Dakar, Helsinki, Wina, Moskow, Khartoum, Bandar Seri Begawan, Taipei, Kuwait, Melbourne, Singapura, Perth, dan Tokyo.

Rencananya, kata Viryan, rekapitulasi hasil pemilu luar negeri bakal berlangsung selama empat hari atau sampai tanggal 8 Mei mendatang.

[Gambas:Video CNN]


(dis/agt)