Tarawih Pertama, Jokowi Pilih Salat di Masjid Soedirman Bogor

CNN Indonesia | Minggu, 05/05/2019 22:58 WIB
Tarawih Pertama, Jokowi Pilih Salat di Masjid Soedirman Bogor Presiden Joko Widodo melaksanakan ibadah salat tarawih di Masjid Jenderal Besar Soedirman, Kota Bogor, pada Minggu (5/5) malam. (CNNIndonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo melaksanakan ibadah salat tarawih pertama menjelang Bulan Ramadan 1440 Hijriah di Masjid Jenderal Besar Soedirman, Kota Bogor, pada Minggu (5/5) malam.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan Presiden Jokowi tiba di lokasi pada 18.50 WIB. Dengan menggunakan baju koko, sarung, serta peci, ia disambut oleh Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

Sebelum melaksanakan salat tarawih, Presiden terlebih dulu melaksanakan salat Isya berjemaah. Selanjutnya, Presiden mengikuti salat tarawih yang berjumlah 11 rakaat dan menyelesaikan tarawih sekitar pukul 20.30.


Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin (6/5). Keputusan penetapan 1 Ramadan diambil melalui sidang isbat yang digelar di Kantor Kemenag. Minggu (5/5) malam.


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan alasan jatuhnya 1 Ramadan 1440 Hijiriah pada Senin (6/5) adalah posisi hilal yang sudah terlihat.

"Melaporkan bahwa posisi hilal ada pada 4 derajat dan 5 derajat. Ini adalah posisi hilal berdasarkan metode hisab. Metode untuk mengetahui posisi hilal," ujarnya.

Lukman menambahkan hasil dari metode hisab tersebut telah dikonfirmasi oleh para petugas yang ditempatkan di 102 titik di 34 provinsi.

Menurut dia, ada sembilan petugas yang menyampaikan kesaksian di bawah sumpah dari Bangkalan, Gresik, Lamongan, Makassar, Sukabumi. Oleh karena itu, posisi hilal dan kesaksian maka seluruh sidang isbat secara mufakat untuk menetapkan 1 Ramadan 1440 Hijriah esok hari.

(fra/uli)