Romi Tak Akan Hadiri Sidang Perdana Praperadilan Hari Ini

CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 09:29 WIB
Romi Tak Akan Hadiri Sidang Perdana Praperadilan Hari Ini Pengacara Romahurmuziy, Maqdir Ismail, mengatakan kliennya tak hadir dalam sidang perdana praperadilan di PN Jaksel hari ini. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tersangka kasus suap pengisian jabatan di Kementerian Agama M Romahurmuziy akan menjalani sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (6/5).

Pengacara Romi, Maqdir Ismail mengatakan agenda dalam sidang praperadilan ini adalah untuk membacakan permohonan atau gugatan yang sebelumnya diajukan mantan Ketum Partai Persatuan Pembangunan itu usai ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.


Sebelumnya KPK menetapkan Romi sebagai tersangka bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.


"Membacakan permohonan saja," ujar Maqdir di PN Jaksel.

Maqdir mengatakan kliennya tidak ikut serta dalam sidang praperadilan ini.

"Kami juga tidak meminta izin untuk dia hadir, dan enggak ada gunanya dia hadir," tuturnya.

Jual Beli Jabatan Kemenag, Romi Akan Sidang PraperadilanMaqdir Ismail menjawab pertanyaan wartawan beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)

Sidang yang bakal digelar hari ini sendiri merupakan buah penundaan dari acara yang seharusnya dilakukan pada 22 April lalu. Permintaan penundaan sidang pada waktu itu datang dari pihak KPK.

Dalam kasus ini, Romi diduga menerima suap sebesar Rp300 juta, dengan rincian Rp50 juta dari Muafaq untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik dan Rp250 juta dari Haris untuk jabatan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

(gst/kid)