MRT Bolehkan Penumpang Minum dan Makan Kurma Saat Buka Puasa

CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 17:02 WIB
MRT Bolehkan Penumpang Minum dan Makan Kurma Saat Buka Puasa Penumpang kereta MRT di Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Moda Raya Terpadu (MRT) memperbolehkan masyarakat minum air putih dan makan kurma saat berbuka puasa di kereta maupun stasiun MRT. Corporate Head Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin menyatakan makan dan minum diperbolehkan hanya untuk kepentingan pembatalan puasa.

"Peraturannya bukan diperbolehkan makan minum di dalam kereta, di peron stasiun tapi diperbolehkan membatalkan puasa saat azan magrib dengan minum air putih dan makan kurma saja di dalam kereta," kata Kamal saat dihubungi, Senin (6/5).

Kamal menjelaskan air putih tidak berpotensi mengotori peron ketimbang minuman berwarna lainnya. Maka dari itu, MRT memperbolehkan masyarakat untuk minum air putih asal tidak minuman yang lengket ataupun menodai.

"Kurma bahkan dianjurkan secara agama Islam untuk membatalkan puasa dan tidak berpotensi menimbulkan remah-remah jatuh di lantai kereta," kata dia.

Menurut Kamal MRT bakal membagikan makanan dan minuman gratis bagi para penumpang. Makanan dan minuman itu hanya digunakan untuk keperluan berbuka puasa.


"Di pintu stasiun Lebak Bulus dan Fatmawati ada bagi bagi air putih dan kurma," ucap dia.

Sebelumnya, MRT melarang penumpang untuk makan dan minum di peron maupun di dalam kereta MRT. Kepentingan ini dimaksudkan agar MRT bisa terjaga dengan bersih. Namun belakangan, banyak masyarakat yang menggunakan MRT pada jam-jam berbuka puasa di bulan Ramadan.
[Gambas:Video CNN]

(ctr/dea)