Ganjar: Posko Prabowo Picu Semangat Relawan Jokowi di Jateng

CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 21:30 WIB
Ganjar: Posko Prabowo Picu Semangat Relawan Jokowi di Jateng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus dugaan suap proyek e-KTP dengan tersangka Markus Nari di Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan keberadaan posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Surakarta, menjadi pemicu semangat pendukung dan relawan calon presiden Joko Widodo (Jokowi). Semangat itu, lanjut Ganjar jadi pemicu kemenangan Jokowi di Jawa Tengah.

"Kayanya justru poskonya ditaro di sana jadi semua semangat gitu kan. jadi semua semangat semua bekerja dan Alhamdulillah semua di Jateng kondusif ya karena kondusif semua bekerjanya cukup serius," kata Ganjar di Gedung KPK, Jumat (10/5).

Berdasarkan data Situng Komisi Pemilihan Umum (KPU) per 10 Mei 2019, pukul 15.45, dari 86,07 persen suara masuk, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 77,37 persen suara, sementara Prabowo-Sandiaga mendapat 22,63 persen suara di Jawa Tengah.


Kemenangan itu, lanjut Ganjar, juga disebabkan kekompakan kelompok masyarakat di Jawa Tengah. Misalnya, kata dia, kelompok ulama yang mendukung Jokowi-Ma'ruf. Kemudian lanjut Ganjar, kolaborasi kekuatan besar itu yang kemudian membuat lompatan suara yang cukup tinggi untuk Jokowi-Ma'ruf.


"Maka kolaborasi kekuatan besar itu yang kemudian bikin suara lompatan yang cukup tinggi. jadi kalau posko di sana untuk men-triggered untuk semangat," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ganjar, raihan suara sejumlah daerah juga cukup mengejutkan. Hal itu menurutnya jadi salah satu pemicu kemenangan besar Jokowi-Ma'ruf di Jawa Tengah.

"Tegal, Brebes itu di luar dugaan kita. Saya dulu kan kalah di Brebes sekarang balik 70 persen lebih, tegal juga lompatannya luar biasa, kebumen saya juga kalah dulu," ujarnya.

"Purbalingga saya kalah tapi pak Jokowi menang mutlak semua. mudah2an apa namanya yang itu tadi yah tidak membuat kita sombong lah," ucap dia.


[Gambas:Video CNN] (sah/ain)