FOTO: Amuk Napi di Rutan Siak

ANTARA FOTO, CNN Indonesia | Sabtu, 11/05/2019 15:52 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Tahanan Rutan Klas IIB Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau mengamuk dan membakar Rutan. Kerusuhan berawal dari razia narkotika petugas Rutan.

Warga menyaksikan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Siak Sri Indrapura terbakar di Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (11/5). Narapidana dan tahanan mengamuk dan membakar Rutan sekitar pukul 02.00 WIB. (ANTARA FOTO/Bayu Agustari Adha/FBA/wpa).
Petugas gabungan bersiaga di halaman Rutan pasca terjadinya kerusuhan yang berujung pembakaran di Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (11/5). Petugas masih terus memburu 31 orang narapidana yang kabur dalam peristiwa tersebut. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp).
Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas Lilik Sujandi mengatakan, peristiwa ini bermula dari penemuan narkotik jenis sabu dari salah satu tahanan berinisial Y di blok wanita. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp).
Ratusan narapidana dan tahanan mempersiapkan barang-barang ketika menunggu proses evakuasi pasca terjadinya kerusuhan di Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp).
Sebelum kerusuhan, petugas memeriksa tiga tahanan yang terbukti mengonsumsi narkotika. Ketiganya berinisial IM, Z, dan D. Selang beberapa saat setelah pemeriksaan tiga tahanan itu, kerusuhan terjadi. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp).
Kondisi Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, menurut Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas Lilik Sujandi kelebihan kapasitas. Total narapidana dan tahanan di Rutan tersebut sebanyak 168 orang. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp).
Sebanyak 600 narapidana akan dipindahkan dari Rutan Siak, setelah kerusuhan. Polisi juga menjaga perbatasan Kabupaten Siak untuk mencari 31 orang narapidana yang kabur ketika terjadi kerusuhan tersebut. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp).
Petugas Rutan menggiring salah satu narapidana (kanan) yang berhasil ditangkap usai melarikan diri ketika terjadi kerusuhan di Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (11/5). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp).


BACA JUGA