Kasus Romi, KPK Panggil Sekjen Kemenag

CNN Indonesia | Senin, 13/05/2019 13:22 WIB
Kasus Romi, KPK Panggil Sekjen Kemenag Gedung Merah Putih, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Kholis Setiawan terkait dengan kasus suap pengisian jabatan di Kemenag yang menejerat mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy.

Nur Kholis diperiksa sebagai saksi untuk dua orang tersangka yakni Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

"Diperiksa sebagai saksi untuk HRS dan MFQ," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulis, Senin (13/5).


Febri mengatakan penyidik perlu mengklarifikasi sejumlah hal dari Nur Kholis terkait dengan kasus ini. Tim penyidik juga tengaj melakukan penajaman bukti-bukti terkait kasus ini.

"Ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi untuk penajaman bukti-bukti menjelang finalisasi proses penyidikan untuk pemberi," ujar Febri.

Sekjen Kemenag sekaligus Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kemenag Nur Kholis Setiawan (tengah) di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/3).Sekjen Kemenag sekaligus Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kemenag Nur Kholis Setiawan (tengah) di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/3). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Dalam kasus suap pengisian jabatan di Kemenag, KPK menetapkan Romi sebagai tersangka bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Romi diduga menerima suap sebesar Rp300 juta, dengan rincian Rp50 juta dari Muafaq untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik dan Rp250 juta dari Haris untuk jabatan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur

Selain kasus di Kemenag, KPK juga mengagendakan pemanggilan terhadap Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia Achmad Tossin Sutawikara terkait kasus suap kerja sama distribusi pupuk PT PILOG dengan PT HTK yang menjerat Anggota DPR RI Bowo Sidik Pangarso.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AWI ( Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia, Asty Winasti)," kata Febri.

KPK sendiri sudah memeriksa Tossin sebagai saksi pada Senin, 6 Mei 2019. Ia diperiksa bersama dengan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat dan Komisaris PT Inersia Ampak Engineering Sudiarmanto.

Selain Achmad Tossin, KPK juga memanggil pegawai PT Tiga Macan, Evi Setyowati. Evi dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Asty.

Tersangka suap kerja sama distribusi pupuk PT PILOG dengan PT HTK, Bowo Sidik Pangarso.Tersangka suap kerja sama distribusi pupuk PT PILOG dengan PT HTK, Bowo Sidik Pangarso. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Bowo sendiri bersama Marketing Manager PT HTK, Asty Winasti dan Indung, sebelumnya ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka suap kerja sama distribusi pupuk PT PILOG dengan PT HTK.

Bowo diduga meminta komisi kepada PT HTK atas biaya angkut yang diterima sejumlah US$2 per metric ton. Ada enam kali penerimaan yang diduga telah terjadi sebelumnya di sejumlah tempat sebesar Rp221 juta dan US$85.130.

[Gambas:Video CNN] (SAH/arh)