Polisi Panggil Bachtiar Nasir Jadi Saksi Kasus Eggi Sudjana

sah, CNN Indonesia | Rabu, 15/05/2019 00:21 WIB
Polisi Panggil Bachtiar Nasir Jadi Saksi Kasus Eggi Sudjana Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya memanggil mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Bachtiar Nasir. Bachtiar dipanggil sebagai saksi dalam kasus dugaan makar, hal ini dibenarkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

"Iya kita layangkan surat pemanggilan terhadap pak Bachtiar Nasir," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (14/5).

Argo menyatakan Bachtiar akan menjalani pemeriksaan pada Kamis (16/5). Ia mengatakan Bachtiar akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana.


"Saksi. Iya (Kasus Eggi Sudjana)," katanya.

Sebelumnya, Polisi sudah memeriksa dan menangkap Eggi Sudjana terhitung sejak Selasa (14/5) pukul 06.00 WIB. Polisi punya waktu 24 jam untuk menentukan apakah Eggi akan ditahan atau dilepas.

Polisi menetapkan Eggi tersangka kasus kejahatan terhadap keamanan negara atau makar. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan penetapan Eggi sebagai tersangka itu dilakukan setelah penyidik melakukan gelar perkara.

Selain itu, dasar penetapan tersangka juga pada bukti permulaan, yang terdiri dari keterangan saksi, video hingga pemberitaan di media online.

Di sisi lain, Eggi mengaku keberatan atas penetapan dirinya sebagai tersangka tersebut. Ia menuding polisi telah melakukan pengembangan sendiri atas laporan polisi terhadap dirinya yang dilayangkan pelapor yakni Suriyanto.

Lewat kuasa hukumnya, Eggi juga telah resmi mengajukan praperadilan terkait status tersangka dalam kasus dugaan makar tersebut.

Menurut kuasa hukum Eggi, Pitra Romadoni, setidaknya ada 25 hal yang diajukan dalam gugatan tersebut. Pitra menjelaskan secara garis besar pihaknya menggugat perubahan jeratan pasal yang dikenakan pada Eggi. (sah/fea)