KPU Gelar Rekapitulasi Suara Jawa Barat dan Sulsel Hari Ini

CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 07:51 WIB
KPU Gelar Rekapitulasi Suara Jawa Barat dan Sulsel Hari Ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi nasional pemilu serentak 2019 di gedung KPU, Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melanjutkan agenda rekapitulasi suara Pilpres 2019, Kamis (16/5). Hari ini, KPU menggelar pleno terbuka rekapitulasi nasional untuk dua provinsi: Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan hanya dua provinsi tersebut yang menyatakan siap menjalani rekapitulasi tingkat nasional pada Kamis hari ini.

"Jawa Barat sudah siap. Sementara Sulawesi Selatan kemungkinan tiba pada sore hari," kata Arief di Gedung KPU RI, Rabu (15/5) malam.


Arief menambahkan, rekapitulasi Jawa Barat akan dimulai pukul 10.00 WIB, dan diperkirakan akan selesai pada sore hari karena banyaknya jumlah pemilih di provinsi tersebut. Jawa Barat merupakan daerah dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak, yakni mencapai 33 juta pemilih.


"Kita berkaca pada Jawa Timur dan Jawa Tengah, di Jawa Barat mungkin sampai sore karena banyaknya jumlah pemilih di sana," kata Arief.

Dia mengatakan karena hanya ada dua provinsi yang akan direkapitulasi, maka KPU hanya akan membuat satu panel rapat pleno di ruang sidang utama Gedung KPU RI.

Adapun untuk rekapitulasi Sulawesi Selatan hari ini masih menunggu apakah memungkinkan untuk dilanjutkan setelah rekapitulasi Jawa Barat.


Hingga saat ini KPU telah merampungkan rekapitulasi suara 26 provinsi di tingkat nasional. Dari jumlah tersebut, Jokowi-Ma'ruf menang di 16 provinsi, sedangkan Prabowo-Sandi di 10 provinsi.

Jokowi-Ma'ruf telah mengumpulkan 59.573.727 suara sah. Jumlah itu setara dengan 59,77 persen suara sah. Sementara itu, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 40.093.420 atau 40,23 persen suara sah.

Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 masih akan berlanjut hingga 22 Mei 2019. Nantinya, setelah semua daerah telah masuk untuk direkapitulasi, pengumuman pemenang Pemilu dan Pilpres 2019 akan dilakukan pada 22 Mei 2019.

(Antara/ain)