Amien Rais: Jangan Takuti Kami dengan Bedil

CNN Indonesia | Jumat, 17/05/2019 17:00 WIB
Amien Rais: Jangan Takuti Kami dengan Bedil Amien Rais mengatakan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) dilakukan untuk merespons kecurangan Pilpres 2019 yang terjadi terstruktur, sistematis, masif. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyatakan pihaknya telah mengganti istilah 'people power' dengan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR). Ia menyebut rezim hari ini tak memahami gerakan rakyat yang berdaulat.

Politikus senior PAN itu mengatakan GNKR ini akan dilakukan untuk merespons kecurangan dalam Pilpres 2019 yang terstruktur, sistematis, masif. Amien mengingatkan kepada rezim untuk tak menakut-nakuti rakyat.

"Sehingga saudara-saudara, ini permainan belum selesai, kami jangan ditakuti dengan bedil, dengan meriam, dengan panser, tank, dan bagi rakyat itu hanya abal-abal tidak akan mempengaruhi kekuatan kami," kata Amien di Rumah Perjuangan Rakyat, Jakarta Pusat, Jumat (17/5).


Amien menyebut pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah memberikan isyarat untuk melakukan gerakan bersama rakyat melawan kecurangan Pilpres 2019. Menurutnya, baik Prabowo maupun Sandi telah menyatakan akan berjuang sampai titik darah penghabisan.

"Prabowo sudah mengatakan dirinya telah meleburkan dirinya sebagai alat, timbul dan muncul bersama rakyat dan juga berjuang sampai titik darah penghabisan," ujarnya.

Mantan Ketua MPR itu kembali mengingatkan petahana, Presiden Joko Widodo, dan menterinya yang keliru untuk berhati-hati. Amien menyatakan bahwa tak pernah ada gerakan rakyat yang kalah dengan penguasa.

"Jadi petahana dan menteri yang ngawur itu hati-hati, kami tidak takut sama sekali. Tidak ada contohnya rakyat kalah sama penguasa tidak ada," tuturnya.

Sebelumnya, Amien Rais meminta para relawan pendukung pasangan capres 02 tak lagi menggunakan istilah People Power.

Berkaca dari kasus yang menyeret Politikus PAN Eggi Sudjana, Amien meminta masyarakat tak lagi menggunakan istilah people power tapi mengubahnya dengan sebutan Gerakan Kedaulatan Rakyat. 

(fra/pmg)