Gunung Agung Semburkan Kolom Abu Tebal Setinggi 2.000 Meter

CNN Indonesia | Sabtu, 18/05/2019 08:42 WIB
Gunung Agung Semburkan Kolom Abu Tebal Setinggi 2.000 Meter Ilustrasi aktivitas Gunung Agung. (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gunung Agung dilaporkan kembali meletus pada Sabtu (18/5) pukul 02.09 WITA dengan ketinggian kolom abu 2.000 meter di atas puncak (sekitar 5.142 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam melalui seismograf dengan amplitudo maksimal 25 mm dan durasi 2 menit 57 detik.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, Made Rentin mengatakan relawan dari Pasebayan, Kabupaten Karangasem pada pukul 05.01 WITA melaporkan Desa Ban, Kecamatan Kubu, Dusun Cutcut, Tongtongan, Boyoh, dan Temakung di Karanganyar turut terpapar letusan kali ini.



Dilaporan Antara, PVMBG mengimbau masyarakat termasuk pendaki, pengunjung, dan wisatawan untuk tidak beraktivitas si zona berbahaya yakni di radius empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya bersifat dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung diminta mewaspadai potensi ancaman aliran lahar terutama saat musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar sungai mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (Antara/evn)