Jimly Asshiddiqie dan Sabam Sirait Rebut Kursi DPD dari DKI

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 18/05/2019 12:15 WIB
Jimly Asshiddiqie dan Sabam Sirait Rebut Kursi DPD dari DKI Jimly Asshiddiqie meraih suara terbanyak untuk DPD Republik Indonesia dari DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jimly Asshiddiqie meraih suara terbanyak dalam rekapitulasi suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk DPD Republik Indonesia dari DKI Jakarta.

Berdasarkan rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat malam, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut meraih 644.063 suara.

Di nomor dua, Sabam Sirait yang merupakan mantan Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meraih 626.618 suara.


Pada peringkat tiga suara terbanyak diduduki Fahira Idris yang sebelumnya telah menjadi anggota DPD periode 2014-2019. Putri politisi senior Partai Golkar Fahmi Idris tersebut meraih 581.108 suara.

Sylviana Murni yang pernah mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta sebagai calon wakil gubernur meraih suara terbanyak keempat dengan 455.182 suara.

Berdasarkan hasil tersebut, keempat calon anggota DPD mengisi jatah empat kursi DPD dari DKI Jakarta.

Dikabarkan Antara, proses rekapitulasi suara untuk DPD RI di DKI Jakarta berlangsung lancar dan cepat. Tidak ada interupsi dari saksi-saksi para calon anggota DPD RI berkontribusi terhadap proses rekapitulasi suara yang berlangsung kurang dari satu jam itu.

"Rekapitulasi DPD damai, mantap," teriak para saksi calon anggota DPD RI.

(Antara/vws)