Bareskrim Panggil Adik Djoko Santoso Jadi Saksi Kasus Makar

CNN Indonesia | Minggu, 19/05/2019 13:29 WIB
Bareskrim Panggil Adik Djoko Santoso Jadi Saksi Kasus Makar Penyidik Bareskrim memanggil adik Djoko Santoso, Toto Utomo Budi Santoso sebagai saksi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal (Dittipidum Bareskrim) memanggil Direktur Satgas Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Toto Utomo Budi Santoso, untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong dan makar.

Berdasarkan surat panggilan yang dilayangkan Dittipidum Bareskrim kepada Toto dan salinannya diterima, Toto akan diperiksa dalam kapastitasnya sebagai saksi untuk kasus yang menjerat nama Juru Kampanye BPN Prabowo-Sandi, Li Xue Xiung alias Lieus Sungkharisma sebagai terlapor.

Toto Utomo adalah adik dari Ketua BPN, Djoko Santoso yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial. 


Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo membenarkan hal tersebut. Menurutnya, berdasarkan informasi dari penyidik diketahui pemeriksaan dijadwalkan berlangsung pada Selasa (21/5). 

"Betul, untuk kasus Liues sebagai saksi," kata Dedi kepada CNNIndonesia.com, Minggu (19/5). 

Seperti diberitakan sebelumnya, Lieus dilaporkan ke pihak kepolisian karena diduga melakukan penyebaran berita bohong dan makar. Laporan terhadap Lieus diterima dengan nomor laporan LP/B/0441/B/2019/Bareskrim tertanggal 7 Mei 2019.

Penyidik Bareskrim Polri kemudian memanggil Lieus untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong dan makar atas laporan yang dilakukan oleh Eman Soleman.

Panggilan pun telah dilakukan sebanyak dua kali. Namun, Lieus belum memenuhi dua panggilan pemeriksaan yang telah dilayangkan oleh penyidik tersebut. (mts/sur)