LIPUTAN KHUSUS

FOTO: Kesunyian di Alas Roban

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 13:38 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Jalur Alas Roban Jawa Tengah mulai ditinggalkan pengendara yang memilih jalan tol. Jalur yang dulu menjadi jalur utama kini menjadi jalur alternatif.

Jalur tengkorak itulah julukan yang disematkan pengendara ketika melintasi Kawasan Alas Roban. Terletak di jalur lingkar Kecamatan Gringsing, Batang, Jawa Tengah. Alas Roban merupakan salah satu titik rawan macet dan rawan kecelakaan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Suasana seperti berubah ketika memasuki kawasan Alas Roban, Hamparan hutan jati membuat kawasan lebih temaram, kontur jalan berkelok disertai tanjakan dan turunan tajam terhampar disepanjang jalan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Selain tantangan fisik yang harus dilalui pengendara, melewati Alas Roban konon juga perkara metafisik. Cerita pembuangan mayat korban kerja paksa Pembuatan jalan De Grote Postweg pada masa VOC, hingga rumor tempat eksekusi pengikut Komunis dan preman korban Petrus jaman Orba. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Awal tahun ini, Sebuah pos polisi di Alas Roban tusak parah akibat tertimpa pohon jati berukuran besar yang roboh disapu angin kencang. Suasana ketika kejadian sangat mencekam, hujan lebat beserta angin ujar salah satu pedagang yang berada tidak jauh dari lokasi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Di beberapa titik berdiri beberapa tunawisma mengenakan pakaian serba hitam dan muka tertutup, selalu melambaikan tangan minta sedekah ketika ada kendaraan yang melintas. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Kondisi jalur pantura Alas Roban kini sudah terbagi tiga jalur memang sedikit mengurangi kerawanan, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Jalur lingkar selatan dan tengah yang digunakan untuk kendaraan berat, serta jalur utara untuk jenis mobil dan sepeda motor. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Warga sekitar percaya terdapat gapura mistis yang dijaga mahluk berkepala anjing sebagai penanda pintu masuk wilayah gaib Alas Roban. Konon, di sekitar daerah tersebut selalu terjadi kecelakaan apabila dipasang rambu marka jalan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Keberadaan makam Dusun Bundaran Desa Pelelen seolah menambah lengkap aroma mistis yang ada. Angka kematian yang disebabkan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) tahun 2018 di Kabupaten Batang sebanyak 102 orang dan 407 orang korban luka-luka. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Sejumlah kendaraan bekas kecelakaan teronggok di hutan di Alas Roban, Jawa Tengah. Kendaraan itu dibiarkan rusak dan tidak diambil oleh pemiliknya. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).