KPU Berharap Penghitungan Suara Selesai Malam Ini

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 21:11 WIB
KPU Berharap Penghitungan Suara Selesai Malam Ini KPU berharap rekapitulasi suara Pemilu 2019 selesai malam ini. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap proses rekapitulasi suara tingkat nasional Pemilu 2019 sebentar lagi. Hingga saat ini, tinggal Provinsi Maluku dan Papua yang masih dalam proses penghitungan di tingkat nasional.

Komisioner KPU Ilham Saputra menyampaikan pihaknya bisa menuntaskam rekapitulasi suara tingkat nasional malam ini.

"Aamiin," ucap Ilham singkat di grup wartawan KPU, Senin (20/5), saat ditanya kemungkinan penuntasan rekapitulasi malam ini.


Saat ini dua panel rapar pleno masih dijalankan. Panel pertama merekapitulasi suara Provinai Papua dipimpin Komisoner KPU Hasyim Asy'ari. 

Sementara di panel dua sedang berjalan rekapitulasi suara Provinsi Maluku. Rapat ini dipimpin Komisioner KPU Ilham Saputra.

Dua panel rapat masih dalam pembacaan hasil rekapitulasi di tingkat provinsi masing-masing. Setelah ini akan dibuka kesempatan saksi membahas rekapitulasi pilpres hingga mufakat.
KPU Berharap Penghitungan Suara Selesai Malam IniPengamanan diperketat di depan Gedung KPU. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Lalu rapat dilanjutkan dengan membahas rekapitulasi suara DPR RI dan DPD. Usai para saksi dan Bawaslu diberi kesempatan mengoreksi, KPU akan menetapkan rekapitulasi.

Ditemui terpisah, Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyampaikan masih ada tahapan administrasi usai rekapitulasi 34 provinsi. KPU akan meminta tanda tangan dari saksi yang bersedia. Lalu akan mengesahkan perolehan suara para peserta pemilu.

"Bukan sekadar tanda tangan, tapi perolehan suara kan itu harus diolah lagi. Diolah dalam pengertian perolehan per provinsi, itu untuk pilpres dan DPD. Untuk partai akan dikompilasi suara per partai, per dapil, dan perolehan kursi," kata Wahyu.

Malam ini Jalan Imam Bonjol di depan Gedung KPU juga sudah ditutup disterilisasi. Orang yang tak berkepentingan dilarang untuk berada di depan Gedung KPU. Polisi menyebut sterilisasi jalan tersebut bagian dari pengamanan. (dhf/sur)