Jokowi Akan Bertemu AHY dan Zulhas di Istana Bogor Hari Ini

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 08:29 WIB
Jokowi Akan Bertemu AHY dan Zulhas di Istana Bogor Hari Ini Presiden Jokowi saat bertemu dengan Komandan Kogasma Partai Demokrat AHY di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/5). (Dok. Biro Pers Setpres/Rusman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menerima kedatangan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (22/5).

Jokowi dijadwalkan menerima AHY sekitar pukul 09.30 WIB. Pertemuan hari ini merupakan penjadwalan ulang dari rencana awal yang dilakukan kemarin.

"Jadi (AHY bertemu dengan Presiden Jokowi)," kata Deputi Media The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indriyani saat dikonfirmasi lewat pesan singkat.


Selain AHY, dari informasi yang dihimpun, Jokowi juga akan bertemu dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan (Zulhas), di Istana Bogor. Pertemuan dijadwalkan berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB.

Sedianya pertemuan Jokowi dengan Zulhas dilakukan kemarin, namun ditunda karena pertimbangan usai KPU mengumumkan hasil Pemilu 2019 lebih cepat.

Ketum PAN Zulkifli Hasan memilih bergabung dengan kubu 02 pada Pilpres 2019.Ketum PAN Zulkifli Hasan memilih bergabung dengan kubu 02 pada Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno belum merespons soal rencana pertemuan Zulhas yang juga ketua umum PAN dengan Jokowi siang nanti.

Rencana pertemuan Jokowi dengan AHY dan Zulhas berlangsung usai KPU mengumumkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional untuk pemilihan presiden dan legislatif dalam Pemilu 2019.

Hasil rekapitulasi akhir menunjukkan pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 85.607.362 suara sah atau setara dengan 55,50 persen dari total suara sah di Pilpres 2019 sebanyak 154.257.601 suara.

Sementara pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 68.650.239 suara sah atau 44,50 persen dari total suara sah.

Zulhas sendiri telah mengakui kemenangan Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019. Zulhas juga menyatakan PAN mengakui hasil pemilihan legislatif DPR dan DPD, yang telah diumumkan KPU, Selasa (21/5) dini hari.

"Kami mengakui kemenangan Jokowi, pileg dan DPD," kata Zulhas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5).

Ketum Partai Demokrat SBY dan anaknya, AHY, bersama capres Prabowo Subianto.Ketum Partai Demokrat SBY dan anaknya, AHY, bersama capres Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain itu, Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga ayah AHY, menyatakan mendukung penuh hasil penghitungan KPU. Dia berharap janji Jokowi-Ma'ruf sebagai pemenang Pilpres 2019 benar-benar terwujud.

"Saya juga bersyukur Jokowi menyampaikan bahwa akan menjadi pemimpin dan pengayom rakyat seluruh Indonesia, serta berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial serta mengajak seluruh rakyat bersatu padu membangun bangsa," ujar SBY.

Demokrat dan PAN merupakan partai pengusung pasangan Prabowo-Sandi. Kedua partai itu tergabung dalam Koalisi Adil Makmur bersama tiga partai lainnya, yakni Gerindra, PKS, dan Partai Berkarya.

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)