Rusuh Aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang Lumpuh

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 12:50 WIB
Rusuh Aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang Lumpuh Ilustrasi Blok G Pasar Tanah Abang. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan Pasar Tanah Abang lumpuh setelah para pedagang memilih tutup dan tidak melakukan kegiatan menyusul kerusuhan aksi 22 Mei.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasruddin mengatakan tidak ada aktivitas pedagang hari ini terjadi karena akses jalan ke dan dari Pasar Tanah Abang ditutup.

"Sebenarnya tidak ada perintah tutup, tapi karena akses ke lokasi masih tertutup, pedagang memutuskan masih belum membuka tempat berdagang mereka," ujar Arief di Jakarta, Rabu (22/5).


Arief belum bisa memastikan kapan Pasar Tanah Abang kembali buka. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan para Kepala Pasar untuk membuka kembali pasar setelah situasi kondusif.

"Saya sudah minta pimpinan pasar melakukan koordinasi dengan aparatur setempat, begitu kondisi sudah pulih dan akses kendaraan sudah bisa dilalui agar segera diinformasikan kepada pedagang," ucap Arief.

Setidaknya ada 160 petugas keamanan dikerahkan untuk mengamankan Pasar Tanah Abang Blok A dan Blok B. Selain itu ada sekitar 100 anggota TNI yang berjaga di seputaran Tanah Abang.

"Untuk di Blok F sendiri ada 49 orang security dan di Blok G ada sembilan orang security, semuanya saling memantau kondisi yang ada di dalam pasar," ucap Arief. (ctr/gil)