Ada Aksi 22 Mei, Jokowi Jumpa Pers di Istana Merdeka

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 16:22 WIB
Ada Aksi 22 Mei, Jokowi Jumpa Pers di Istana Merdeka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyikapi situasi di Jakarta terkait kerusuhan 22 Mei 2019 di depan Bawaslu RI hingga kawasan Petamburan dan Tanah Abang, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pernyataan resmi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat petang ini.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, tampak pula Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menkopolhukam Wiranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Sebelumnya, sejak pagi hingga siang tadi, Jokowi memiliki agenda di Istana Bogor. Di sana ia menerima beberapa tamu termasuk Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara terpisah.



Jokowi sendiri langsung meninggalkan Istana Bogor setelah pertemuan dengan Zulkifli sekitar pukul 14.30 WIB.

Sebelum menerima Zulkifli pada pukul 13.00 WIB, Jokowi pun menerima kedatangan AHY sekitar pukul 09.30 WIB.

Di sela kedua agenda resmi tersebut, Presiden Jokowi bertemu dengan Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer yang didampingi oleh Erick Thohir membahas perkembangan proyek MotoGP di Mandalika NTB.

Presiden Jokowi dalam perjalanannya ke Jakarta disertai sejumlah pejabat di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua TKN Erick Thohir.

Saat tiba di Jakarta, rombongan Jokowi tampak masuk tak melewati pintu gerbang utama Istana Kepresidenan yang berada di Jalan Medan Merdeka Utara seperti biasanya, melainkan lewat gerbang yang berada di Jalan Ir Juanda, Jakarta Pusat.

Saat ini polisi memberlakukan Siaga 1 di Jakarta menyikapi hasil rekapitulasi suara nasional Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Setelah sempat terjadi aksi massa mengatasnamakan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) di depan Bawaslu yang bubar usai salat tarawih pada Selasa (21/5), malam harinya terjadi kerusuhan di depan Bawaslu.

Kerusuhan di depan Bawaslu RI itu pun berlanjut hingga Rabu (22/5) siang hingga merembet ke kawasan Petamburan dan Tanah Abang, Jakarta Pusat karena massa dipukul mundur dan diupayakan bubar oleh polisi.


[Gambas:Video CNN] (fra/kid)