Demo 22 Mei, ACT dan Tim Medis Siaga 24 Jam

ACT, CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 17:00 WIB
Demo 22 Mei, ACT dan Tim Medis Siaga 24 Jam Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyiagakan dua unit Ambulans Pre-Hospital dan belasan relawan medis selama 24 jam terkait dengan aksi massa usai Pilpres. (Foto: ACT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyiagakan dua unit Ambulans Pre-Hospital dan belasan relawan medis yang tersebar di dua titik krusial, yakni di jalan M H Thamrin dan Taman Suropati, Jakarta Pusat.

Diketahui, jumlah massa di Tanah Abang, Jakarta Pusat, meningkat pada Rabu dini hari. Dalam sejumlah pemberitaan disebutkan kerusuhan terjadi di kawasan tersebut. Saat ini aparat juga tengah melakukan penjagaan di sejumlah titik.


"Kami dari tim ACT bersama-sama dengan tim medis lainnya di sini membantu dalam menyediakan mitigasi kesehatan. Bantuan medis ini untuk menjaga masyarakat yang hadir dalam unjuk rasa kali ini atau masyarakat yang tidak sengaja menjadi korban," kata dokter Rizal Halimin dalam keterangan tertulis, Rabu (22/5).


Rizal sendiri menyatakan mobil ACT berada di sekitar Bawaslu, tepatnya Sarinah dan Taman Suropati. ACT dan tim medis juga bersiaga 24 jam dalam memberikan bantuan kesehatan bagi para korban.

"Layanan medis ini siaga untuk 24 jam, dan kami bagi menjadi empat shift dengan empat orang tim di setiap shift-nya. Kami membantu untuk para korban yang terkena gas air mata, pingsan, hingga luka-luka," tambahnya.

Selain menyediakan layanan medis, ACT turut memberikan penganan siap santap untuk masyarakat. Ratusan paket makanan sahur hasil olahan Humanity Food Truck diberikan kepada masyarakat dan para aparat keamanan yang tengah berjaga.


Sementara itu, anggota tim Humanity Food Truck Arpen mengatakan para aparat yang terdiri dari TNI dan Polri itu senang dengan bantuan yang diberikan.

"Jadi, kemarin kita stand by untuk Humanity Food Truck, dan kita bagikan kepada aparat yang sedang jaga di sana. Alhamdulillah, mereka senang," ujarnya.

Hingga kini, ACT terus lanjut memberikan bantuan. Bahkan, salah satu ambulans telah merapat ke Masjid Agung Sunda Kelapa untuk penambahan kembali obat-obatan dan lainnya bersiaga di sekitar Petamburan dengan pendampingan satu tim rescue.
(asa)