FOTO: Hari Kedua Rusuh di Depan Bawaslu

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 21:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kerusuhan kembali pecah pada hari kedua demonstrasi di depan Gedung Bawaslu, Jakarta. Sejumlah orang luka, termasuk wartawan, akibat kerusuhan ini.

Demonstrasi terkait dugaan kecurangan pemilu di depan Bawaslu, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, memasuki hari kedua pada Rabu (22/5). Demo yang awalnya damai, berujung rusuh tak lama setelah maghrib selesai. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kerusuhan terjadi sekitar pukul 18.20 WIB. Polisi merangsek ke kerumunan massa aksi dengan melepaskan tembakan gas air mata. Tindakan tegas ini dipicu oleh lemparan botol plastik dari arah massa aksi ke aparat keamanan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Lemparan gas air mata dibalas oleh massa dengan petasan dan benda tumpul lain. Situasi semakin mencekam setelah muncul sejumlah titik api tak jauh dari lokasi kerusuhan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kerusuhan sempat berhenti sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu perwakilan massa aksi dan polisi menemukan kata sepakat. Sebagian massa membubarkan diri, namun tak sedikit yang masih bertahan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Suasana kondusif tak berlangsung lama. Hanya berselang beberapa menit saja kerusuhan kembali pecah. Lagi, polisi melepaskan tembakan gas air mata ke arah massa untuk memecah kerumunan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Gas air mata yang dilepaskan berkali-kali tak mampu membuyarkan konsentrasi massa. Asap putih pekat mengepul di jalan-jalan di sekitar lokasi kerusuhan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Massa tak hanya melempar batu dan botol ke arah petugas. Mereka juga melempar petasan. Polisi sesekali bertahan dengan tameng, namun terus maju bergerak ke arah massa. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Kerusuhan di Bawaslu memaksa pihak berwenang menambah jumlah personel keamanan. Pasukan dari TNI AD pun dikerahkan. Mereka berbaris di belakang personel Polri yang berhadapan langsung dengan massa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kerusuhan di Bawaslu hari ini merupakan kelanjutan dari kerusuhan serupa yang pecah sejak Selasa (21/5) malam. Polisi menyebut rusuh kemarin malam dipicu oleh ratusan orang yang memprovokasi aparat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sedikitnya enam orang tewas akibat rusuh yang terjadi di sekitar kawasan Bawaslu dan daerah lain di ibu kota. Polisi terus menyelidiki pelaku dan otak intelektual di balik rusuh yang terjadi di Jakarta sejak Selasa kemarin. (CNN Indonesia/Safir Makki)