Sudah Kondusif, TransJakarta Masih Setop Rute Tanah Abang

Antara, CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 10:34 WIB
Sudah Kondusif, TransJakarta Masih Setop Rute Tanah Abang Salah satu layanan TransJakarta yang masih dihentikan, Tanah Abang Explorer. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa rute bus TransJakarta masih dialihkan, diperpendek, hingga disetop operasinya sebagai efek kericuhan dalam aksi 22 Mei. Rute yang melalui Tanah Abang pun masih dihentikan meski situasi di lokasi sudah terpantau kondusif.

"Kami secara terus menerus memantau setiap perkembangan. Masyarakat tetap bisa gunakan," kata Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono di Jakarta Pusat, Kamis (23/5) dikutip dari Antara.

Agung merinci, layanan Transjakarta sebagian masih dialihkan ialah Blok M-Kota (Koridor 1), Senen-Bundaran Senayan (1P), Kalideres-Bundaran Senayan (3F), Grogol-TU GAS (4A) dan Bundaran Senayan- TU GAS (4C).


Kemudian Kampung Melayu-Grogol (5A), Ragunan-Monas via Kuningan (6A), Pinang Ranti-Pluit (Koridor 9), Kebayoran Lama-Grogol (9E) dan Poris-Bundaran Senayan (T11).

Selain itu, sejumlah rute mengalami perpendekan, antara lain Tanah Abang-Batusari (8K), Tanah Abang- Stasiun Gondangdia (1H), Tanah Abang-Senen (1R), Tanah Abang-Melayu (5F), Tanah Abang- Blok M (1N), Tanah Abang-Pasar Minggu (9D) dan Tanah Abang-Pondok Cabe (S41).

Kericuhan dalam aksi 22 Mei di Jl Jatibaru, Tanah Abang, kemarin.Kericuhan dalam aksi 22 Mei di Jl Jatibaru, Tanah Abang, kemarin. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Sedangkan sejumlah layanan Transjakarta yang berhenti beroperasi adalah angkutan mikro di Kawasan Tanah Abang, Stasiun Palmerah-Tosari (1B), Tanah Abang-Kebayoran (8C), Tanah Abang-Dukuh Atas (DA2), Harmoni-Bundaran Senayan (GR1), Tanah Abang Explorer (GR2) dan Bus Wisata.

"Penyesuaian layanan Transjakarta bersifat situasional. Bus Transjakarta akan beroperasi setelah pihak berwenang memutuskan situasi kondusif," kata Agung.

Dia juga mengungkapkan sarana prasarana Transjakarta juga mengalami kerusakan. Kaca loket halte Bidara Cina pecah akibat ricuh pada hari Rabu.

Kerusakan juga terjadi pada halte Slipi Kemanggisan. Kaca halte pecah akibat lemparan batu saat bentrokan pengunjuk rasa dengan petugas kepolisian pukul 16.00 WIB. "Dari peristiwa tersebut tidak ada korban," ungkapnya.

Setelah kejadian, Transjakarta langsung menindaklanjuti untuk mendata aset yang mengalami kerusakan dan dilakukan perbaikan segera agar memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, arus lalu lintas di sekitar Pasar Tanah Abang sudah mulai kembali normal dan kondusif.

Aparat menembakkan gas air mata di Tanah Abang.Aparat menembakkan gas air mata di Tanah Abang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Terlihat, lalu lintas di Jalan Kiai Haji Mas Masyur uang melintasi Blok A dan Blok B sudah dilewati kendaraan bermotor di kedua arah. Meski begitu, beberapa anggota Polisi dan TNI yang berjaga di seputaran jalan tersebut.

Diketahui, kedua ruas jalan itu sempat ditutup total oleh kepolisian sejak kemarin. Hal itu dilakukan menyusul adanya kerusuhan yang dilakukan aksi massa 21 Mei

Aksi 22 Mei yang menolak hasil Pilpres 2019 berdasarkan rekapitulasi KPU sendiri ricuh sejak Selasa (21/5) malam. Polisi dan massa bentrok. Gas air mata dan peluru karet dilawan oleh petasan dan batu dari massa. Pada Kamis (23/5) pagi, aksi massa itu perlahan mulai bubar.

[Gambas:Video CNN] (rzr/arh)