115 Polisi dan TNI Diterjunkan Amankan Pemakaman Arifin Ilham

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 17:38 WIB
115 Polisi dan TNI Diterjunkan Amankan Pemakaman Arifin Ilham Persiapan pemakaman Arifin Ilham di di halaman masjid ponpes Az-Zikra, Gunung Sindur. (CNN Indonesia/Aini Putri Wulandari).
Bogor, CNN Indonesia -- Kepolisian Sektor Gunung Sindur mengatakan ada sekitar 115 personel gabungan Polri dan TNI yang diterjunkan untuk mengamankan proses pemakaman ustaz Arifin Ilham. Ulama kharismatik pendiri pesantren Az-Zikra itu wafat di Penang, Malaysia, Rabu (22/5) pukul 23.40 waktu setempat.

Pihak keluarga menyatakan Arifin Ilham akan dimakamkan di halaman masjid ponpes Az-Zikra, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Para pasukan pengamanan ini merupakan personel gabungan dari jajaran Polsek Parung, Polsek Kemang, Polsek Rancabungur, Polsek Rumpin, Polsek Parung Panjang, dan Polsek Gunung Sindur, serta Koramil 2113/Gunung Sindur.


"Ada 115 personel yang tergelar mulai jalur dari Kemang, Parung, Sindur sampai dengan lokasi sini. Dan termasuk perpakiran," ujar Kapolsek Gunung Sindur Kompol Hariyanto ditemui di lokasi pemakaman, Rabu (23/5).

Dia mengatakan nantinya pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi massa yang membeludak. Para personel juga akan turut mengatur area parkiran.

"Di sini sekitar 50 orang yang ngatur perpakiran dan nanti kan kalau jemaahnya membeludak," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Az-Zikra, Khotib Kholil mengatakan Arifin Ilham berangkat ke Penang, Malaysia pada 15 April 2019, atau dua hari menjelang Pemilu 2019 untuk pengobatan penyakit kanker getah bening yang dideritanya.

Dia menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit di Penang. Selama dirawat, Arifin Ilham selalu ditemani ibunda dan empat istrinya.

Kholil menjelaskan bahwa Arifin Ilham sempat melewati masa kritisnya setelah masuk ruang Intensive Care Unit (ICU) pada Selasa (21/5) dini hari waktu setempat.

Namun, kondisi Arifin Ilham kembali kritis sejak Rabu (22/5) sore. Kemudian mengembuskan nafas terakhir pada malam harinya. (ani/osc)