Sempat Buka, Pedagang Tanah Abang Tutup Toko Lebih Awal

CNN Indonesia | Jumat, 24/05/2019 17:58 WIB
Sempat Buka, Pedagang Tanah Abang Tutup Toko Lebih Awal Sejumlah pedagang Pasar Tanah Abang tetap membuka tokonya usai kerusuhan 22 Mei. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, sempat membuka tokonya pagi tadi, Jumat (24/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Namun mereka menutup tokonya lebih awal dari biasanya karena masih khawatir usai kerusuhan 22 Mei.

Sejumlah pedagang ini tetap berjualan meski PD Pasar Jaya sebelumnya menyatakan Pasar Tanah Abang ditutup sementara sampai situasi kondusif.

Pantauan CNNIndonesia.com, para pedagang tersebut sebagian memilih menutup tokonya siang ini. Hal ini karena kerusuhan 22 Mei kemarin masih berdampak pada kegiatan jual beli di pusat grosir terbesar di Asia Tenggara tersebut.


"Iya ini mau nutup. Tadi buka jam 8," kata Rizal, pemilik kios Clasico Kids di Blok A Pasar Tanah Abang kepada CNNIndonesia.com.

Salah satu dampak paling terasa akibat kerusuhan 22 Mei adalah sepinya pengunjung dan pembeli. Sebab tak biasanya pasar Tanah Abang sesepi kali ini menjelang lebaran.
Sempat Buka, Pedagang Tanah Abang Tutup Toko Lebih AwalPedagang Pasar Tanah Abang memilih menutup toko lebih awal. (CNN Indonesia/Safir Makki)

"Isu 21-22 kan ribut, jadi antisipasi. Orang-orang daerah bingung, situasinya sudah aman belum, kalau aman kita mau ke sana, kalau belum, kita belum berangkat (ke Pasar Tanah Abang)," ujarnya.

"Jadi ada pengaruh dari situasi 21-22. Kita buka supaya kondisi seperti biasa lagi. Cuma kita sekarang tutup lebih cepat saja," kata Rizal.

Sementara itu sejumlah personel TNI terlihat berjaga di beberapa titik Pasar Tanah Abang. Sebagian dari mereka juga berpatroli ke dalam pasar untuk memantau situasi.

Sebelumnya diberitakan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat diputuskan tutup hingga Sabtu 25 Mei mendatang. Hal ini buntut kerusuhan terkait Aksi 22 Mei di sekitar Kantor Bawaslu RI.

Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan penutupan itu bersifat situasional. Semua tergantung perkembangan situasi di lapangan.

"Tanah Abang Blok A-G dipastikan masih ditutup sementara secara situasional hingga tanggal 25 Mei 2019. Namun hal ini tentunya menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan," kata Arief saat dihubungi, Kamis (23/5).

[Gambas:Video CNN] (osc/osc)