Mudik, Kemenkes Siagakan 6.074 Pos Kesehatan

CNN Indonesia | Minggu, 26/05/2019 14:44 WIB
Mudik, Kemenkes Siagakan 6.074 Pos Kesehatan Menteri kesehatan Nilai Moeloek. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Kesehatan menyatakan ikut melakukan antisipasi arus mudik. Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan antisipasi dilakukan dengan menyiapkan 6.047 pos kesehatan di seluruh Indonesia.

Pos kesehatan tersebut disiagakan selama 24 jam penuh mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Dari 6.047 tersebut, 17 di antaranya berada di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim  Perdanakusuma. 

Menurutnya keberadaan pos kesehatan akan sangat berguna untuk antisipasi penumpang sakit dan penyediaan layanan cek kesehatan.


Pos kesehatan pun sudah menyiapkan tim dokter. Selain menyediakan pos kesehatan, agar kegiatan mudik berjalan aman dan lancar, Kementerian Kesehatan juga meningkatkan pemeriksaan terhadap 
awak kendaraan.


"Cek random selalu ada, (termasuk) cek narkoba. Kami kerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional)," kata Nila saat ditemui di sela kunjungannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5).

Selain cek kesehatan secara acak, awak juga akan dicek kesehatan secara rutin terutama cek tekanan darah. Untuk awak pesawat, sejauh ini Kementerian Kesehatan kata Nila, tidak menemukan yang positif menggunakan narkoba.

"Janganlah. Saya kira tidak ada. Ini kerjasamanya dengan Kemenhub, Kemenkes, kantor kesehatan pelabuhan, Imigrasi dan Bea Cukai, ada pula Karantina Ternak, Pertanian dan Perikanan," imbuhnya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan puncak arus mudik Lebaran 2019 akan jatuh pada 31 Mei 2019. Angkasa Pura memprediksi akan ada kenaikan aktivitas penerbangan sebesar 1,5 persen dan kenaikan jumlah penumpang sebesar 3 persen.


[Gambas:Video CNN]
(els/agt)