Cerita Syamsuri Juara MTQ Internasional Dapat Pelukan Erdogan

CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 21:54 WIB
Cerita Syamsuri Juara MTQ Internasional Dapat Pelukan Erdogan Syamsuri Firdaus, pemenang MTQ Internasional ke-7 di Turki, saat bertemu Presiden Jokowi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Qari asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Syamsuri Firdaus senang sekaligus terharu mendapat pujian dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah berhasil menyabet juara satu MTQ Internasional di Istanbul, Turki.

Mengenakan peci berwarna merah putih dengan gamis biru dongker, ia menceritakan pengalaman bertemu Erdogan kepada Presiden Joko Widodo. Syamsuri diundang oleh Jokowi dan bertemu di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (28/5).

Syamsuri bercerita bahwa Erdogan sempat bertanya tentang keahlian dirinya sebagai qari. Erdogan, kata Syamsuri, memuji suaranya yang tinggi. Tak hanya itu Erdogan juga mengatakan suara pemuda berusia 20 tahun itu bagus.


"Lanjutnya (Erdogan) lagi, 'masyaallah soltu ka ajib', suaramu bagus. Saya menjawab, 'alhamdulillah haaza min nikmatillah', alhamdulillah ini adalah nikmat allah," kata Syamsuri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Setelah berbincang, Syamsuri mengatakan Erdogan langsung memeluknya. Rasu haru, sedih, dan bahagia menjadi satu ketika Syamsuri mendapat pelukan dari Erdogan. Ia pun menyebut semua ini berkah dari Alquran.

"Alhamdulillah saya bisa bertemu dengan Presiden Erdogan, lebih-lebih Presiden RI Pak Jokowi," tuturnya.

Syamsuri mengaku bertemu langsung dengan Erdogan hanya saat dirinya menerima penghargaan sebagai juara pertama MTQ Internasional. Meskipun demikian, lanjut Syamsuri, Erdogan tahu dirinya berasal dari Indonesia.

"Beliau (Erdogan) merasa kalau sepenangkap saya dari kata-kata beliau, beliau merasa senang bahagia mendengarkan ayat-ayat suci Alquran," ujarnya.

Syamsuri pun mengaku turut mendapat hadiah bingkisan dan uang dari Jokowi. Namun, ia tak menyebut berapa nominal uang yang diberikan oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Dia merasa bersyukur dengan hadiah yang diberikan Jokowi.

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)