'Valentino Rossi' dan Baliho Lucu Peringatan untuk Pemudik

CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 11:50 WIB
'Valentino Rossi' dan Baliho Lucu Peringatan untuk Pemudik Baliho lucu di pasang di jalur mudik di kawasan Situbondo. (Detikcom/Ghazali Dasuqi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Guna mencegah angka kecelakaan saat arus mudik Lebaran 2019, Satlantas Polres Situbondo, Jawa Timur melakukan sosialiasi dengan pemasangan baliho-baliho tertib berlalu lintas yang lucu dan menarik perhatian.

Sejumlah baliho unik dikemas dengan bahasa atau berbentuk meme lucu agar tertib berlalu lintas sehingga mencegah kecelakaan di sepanjang jalur pantura Surabaya-Banyuwangi yang melintas di Kabupaten Situbondo.


Salah satunya, di sebuah tikungan tajam di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. Polres Situbondo memasang baliho meme foto Valentino Rossi terjatuh. Pada baliho itu disematkan pula tulisan kalimat, 'Jangan Mendahului! Tikungan tajam Valentino Rossi pernah jatuh di sini'.


Baliho berukuran 2 kali 3 meter itu dipasang di setiap titik tikungan-tikungan tajam di wilayah Situbondo tersebut.

Selain itu, misal di jalur Hutan Baluran, Satlantas Polres Situbondo memasang baliho dengan tulisan seperti: 'Jangan kecelakaan di sini, rumah sakit jauh' dan 'jangan kecelakaan di sini, penggali kubur sudah mudik'.

Baliho 'Valentino Rossi Pernah Jatuh' Terpasang di SitubondoPemudik sepeda motor membawa barang bawaan dengan bantuan tambahan tongkat penyeimbang di bagian belakangnya. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara itu untuk di pusat kota, Polres Situbondo memasang rambu agar tertib berlalu lintas dengan kalimat lucu seperti: 'Melawan orang tua saja dosa apalagi melawan arus bisa mati'.

"Bahasa-bahasa milenial ini tentunya, bahasa-basa gaul seperti ini mudah dipahami tentunya semua orang bisa melihat tulisan ini. Jadi dengna tulisan ini bisa menggoda untuk dibaca, dan dilakukan oleh masyarakat," ujar Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono seperti disiarkan CNNIndonesia TV, Jumat (31/5).

Ia pun berharap pemasangan baliho itu bisa mendukung upaya menurunkan tingkat kecelakaan, dan meningkatkan tertib berlalu lintas di kalangan pengguna jalan.

Hingga kemarin, dijelaskan setidaknya sudah 20 baliho meme tertib berlalu lintas yang telah dipasang polisi di sepanjang jalur mudik lebaran 2019 di wilayah Situbondo tersebut.

(kid/sur)