Pembatalan Tiket Ramai, PT KAI Sebut Banyak yang Berharap

CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 21:41 WIB
Pembatalan Tiket Ramai, PT KAI Sebut Banyak yang Berharap Loket pembatalan tiket lebaran. (CNN Indonesia/Aulia Diza)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan orang tampak mengantre di loket pembatalan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sejumlah tempat duduk yang berada di dalam dan luar loket terlihat penuh oleh pemudik yang ingin mengganti jadwal keberangkatan kereta api.

Menurut pantauan CNNIndonesia pada Jumat (31/5) jam 18.24 WIB terlihat antrean karcis untuk pembatalan sudah mencapai 744 orang.

Pemudik yang sedang menunggu untuk membatalkan tiket kereta api terlihat membawa selembaran kertas berwarna merah muda dan putih.


Sebagian besar dari mereka terpaksa membatalkan pesanan tiket kereta api karena berubah pikiran untuk mengganti moda transportasi. Misalnya, Ulfa (25) yang ingin pergi ke Tulungagung, Jawa Timur. Ia terpaksa membatalkan tiket lantaran keluarganya menyuruhnya pulang lebih cepat ke rumah.

"Jadi kan saya dapat tiketnya tanggal 4 Juni. Terus kata keluarga yang agak cepetan lah akhirnya ganti pesawat kan. Jadi pergi pakai pesawat tanggal 1 Juni besok," kata Ulfa kepada CNNIndonesia.com di depan loket pembatalan Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (31/5).

Rombongan keluarga di Stasiun Pasar Senen.Rombongan keluarga calon pemudik di Stasiun Pasar Senen. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Seharusnya, Ulfa menaiki KA Gajayana Lebaran menuju Tulungagung dari Stasiun Gambir pada pada 4 Juni pukul 23.30 WIB.

Ia juga mengatakan besok akan pulang menggunakan Pesawat Lion Air pada pukul 05.00 WIB. Ulfa sendiri sudah mengantri di loket pembatalan pada pukul 16.21 WIB dengan nomer antrean 710.

"Tadi sempet udah muter-muter ke Plaza Atrium juga karena pasti lama kan ternyata pas balik kesini masih ngantri juga. Antrian 710 jam 16.21," ujarnya.

Sama halnya dengan Ulfa, Hanif juga membatalkan penjadwalan tiket kereta api. Hal ini lantaran ia dan keluarganya akan pergi ke Semarang menggunakan mobil.

"Rencana mau ke Semarang, jadwal kereta tanggal 4 Juni dibatalin karena mau naik mobil," kata laki-laki berusia 22 tahun itu.

Hanif mengatakan tiket yang dibatalkan sebanyak dua tiket. Seharusnya, Hanif dan kakaknya pergi menuju Semarang pada 4 Juni menggunakan Kereta Argo Bromo Anggrek dari Stasiun Gambir.

Calon pemudik di Stasiun Senen.Calon pemudik di Stasiun Senen. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Menurut Hanif, pembatalan ini akan berdampak pada pengembalian uang hanya 75 persen. Pembatalan tiket ini juga dapat dilakukan di beberapa stasiun seperti Stasiun Pasar Senen, Gambir dan Kota.

"Refund 75 persen," ucapnya

"Pemberangkatan dari gambir, bisa dimana aja tukernya. Cuma Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota, sama Gambir, kalau buat di daerah Jakarta," jelasnya.

Lain halnya dengan Bayu, ia dan keluarganya membatalkan tiket kereta api karena ingin mengubah waktu untuk pulang dari Madiun ke Jakarta.

"Batalin tiket cuma empat. Waktu itu rencananya emang mau beda hari kepulangannya, adik belakangan. Saya dan ayah duluan. Tapi karena waktu itu mau cari tiket yang sama harinya baru ternyata baru dapat. Akhirnya yang beda hari dibatalin," jelasnya.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sekitar 70 tiket perjalanan kereta api dibatalkan oleh para penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

Calon penumpang kereta api di Stasiun Senen.Calon penumpang kereta api menanti jadwal kereta tiba di Stasiun Senen. (CNN Indonesia/Safir Makki)
"Untuk pembatalan di hari ini saja, update terakhir ada sekitar 70 orang. Motifnya banyak," kata Eva saat dijumpai di Stasiun Pasar Senen.

Menurut dia, alasan para penumpang membatalkan tiket bermacam-macam, kebanyakan terkait perubahan aktifitas, ingin berganti moda transportasi mudik, atau ingin menyamakan tanggal keberangkatan dengan anggota keluarga yang lain.

PT KAI memperbolehkan penumpang membatalkan perjalanan hingga satu jam sebelum waktu keberangkatan. Pengembalian dilakukan melalui transfer perbankan.

Eva mengatakan tiket yang dibatalkan oleh para penumpang biasanya langsung dijual kembali dan banyak penumpang yang berharap bisa mendapatkan tiket dari sisa-sisa pembatalan tersebut.

[Gambas:Video CNN] (sas/arh)