PT KAI Sebut Stasiun Gambir dan Senen akan Padat hingga H-1

CNN Indonesia | Senin, 03/06/2019 15:46 WIB
PT KAI Sebut Stasiun Gambir dan Senen akan Padat hingga H-1 Aktivitas arus mudik di Stasiun Senen, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, Jakarta Pusat diprediksi akan terus berlangsung hingga H-1 lebaran atau 4 Juni 2019. Kepadatan jumlah pengguna kereta api di dua stasiun tersebut sudah terasa sejak h-5 atau pada Jumat (31/5).

Kepala Humas Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mencatat sejak H-5 Idul Fitri, lonjakan penumpang mulai terasa. Jumlah pemudik per hari dapat mencapai 25-27 ribu orang.

"Rata-rata per hari sudah sesuai prediksi kami. Angka tersebut hingga H-1," kata Eva di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (3/6).


Pada Senin (3/6), jumlah penumpang kereta api mencatat angkanya mencapai 26.694 orang di Stasiun Pasar Senen. Sementara di Stasiun Gambir jumlah penumpang 21.901 orang.


Sedangkan jumlah akumulatif (26 Mei hingga 3 Juni) pengguna kereta untuk mudik lebaran di Pasar Senen sudah mencapai 221.948 orang. Sementara di Stasiun Gambir untuk periode yang sama jumlahnya 177.192 orang.

"Itu berdasarkan data kami dari H-10 lebaran," ucap Eva.

Eva mengatakan bahwa setiap periode mudik lebaran puncak arus mudik di stasiun tidak akan berlangsung satu hari. Menurutnya hal tersebut berkaca kepada jumlah kursi yang tersedia.


Lebih dari itu Eva mengatakan pihak KAI selama periode lebaran 2019 menyediakan pemberangkatan reguler sebanyak 26 kali di Pasar Senen, dan 32 pemberangkatan reguler untuk Stasiun Gambir.

PT KAI, sebut Eva, juga menyiagakan 10 kereta tambahan di Stasiun Pasar Senen dan 14 kereta tambahan di Stasiun Gambir.

"Jumlah kereta api tambahan untuk dua stasiun Daop 1 ada 24 per hari. Jadinya jumlah kereta api tambahan ditambah dengan perjalanan regular. Ini untuk periode mudik lebaran," kata Eva.

[Gambas:Video CNN] (ryh/ain)