Metode Hilal Global, Ratusan Warga Pontianak Lebaran Hari Ini

CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 13:49 WIB
Metode Hilal Global, Ratusan Warga Pontianak Lebaran Hari Ini Ilustrasi Salat Idul Fitri. (CNN Indonesia/Djonet Sugiarto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan warga Pontianak, Kalimantan Barat menggelar Salat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah pada Selasa (4/6) pagi di halaman SD Negeri 34 Pontianak Kota.

"Ada ratusan jamaah yang ikut Salat Id hari ini," kata salah seorang jamaah, Cathidar Condro Cahyono seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, jamaah yang melaksanakan salat Idul Fitri lebaran 2019 hari ini karena penentuan 1 Syawal mengacu metode Rukyatul Hilal Global.


"Karena hilal sudah terlihat di Timur Tengah dan Amerika," kata Cathidar.


Pelaksanaan Shalat Id berlangsung lancar dengan kondisi cuaca agak mendung. Sementara khatib Salat Id mengangkat tema soal kepemimpinan dalam Islam dan mengajak persatuan umat baik di Indonesia maupun dunia.

Pemerintah sendiri telah memutuskan bahwa lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Rabu 5 Juni 2019. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa terdapat dua landasan pemerintah menetapkan Lebaran 2019 jatuh pada Rabu (5/6).

"Pertama karena posisi hilal di bawah ufuk yaitu di posisi minus 1 derajat, 26 menit sampai minus 0 derajat, 5 menit," kata Lukman di sela Sidang Isbat Awal Syawal di Jakarta, Senin (3/6).

Dia mengatakan alasan kedua yaitu tidak ada satupun perukyat di 105 titik di seluruh Indonesia yang melihat hilal setelah matahari terbenam (bakda ghurub).

"Tidak satupun di antara mereka yang menyatakan melihat hilal," katanya.


Atas pertimbangan para perukyat, kata dia, yang bekerja di bawah sumpah tidak melihat hilal dan bulan baru di bawah ufuk maka puasa tahun ini digenapkan menjadi 30 hari atau istikmal.

Arab Saudi dan sejumlah negara teluk lainnya menetapkan hari raya Idul Fitri 2019 pada hari ini, Selasa (4/6). Selain Saudi, negara teluk lainnya yang lebih dulu lebaran dari Indonesia adalah Uni Emirat Arab, Bahrain, Oman, dan Kuwait.

Tak hanya negara teluk, negara-negara Afrika seperti Somalia dan Mesir, Asia Selatan seperti India dan Pakistan serta sebagai besar negara di Eropa dan Amerika juga menetapkan Idul Fitri 2019 pada hari Selasa (4/6) ini.

[Gambas:Video CNN] (antara/DAL)