Gubernur Anies Ambil Duit dari Peci Bagikan THR

CNN Indonesia | Rabu, 05/06/2019 08:35 WIB
Gubernur Anies Ambil Duit dari Peci Bagikan THR Gubernur Anies Baswedan saat membagikan THR usai salat Id di Balai Kota. (CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat Id bersama warga dan pejabat Pemprov DKI di Halaman Balai Kota DKI Jakarta. Salat Id selesai sekitar pukul 07.30 WIB.

Usai Salat Ied, Anies ditemani Sekretaris Daerah DKI Saefullah bersama masing-masing istri melakukan kegiatan bersalam-salaman bersama warga yang hadir. Tampak sejumlah warga meminta swafoto bersama Anies.

Di sela-sela bersalaman, beberapa anak kecil terlihat di antara keluarga. Ketika seorang anak bersalaman, ia menanyakan umur dan kelas sang anak di sekolah.

"Kelas berapa ini? Yang rajin sekolahnya ya," kata Anies sambil menyalam anak tersebut.


Setelah sedikit berbincang, Anies membuka pecinya dan mengambil selembar uang Rp50 ribu. Uang itu lalu diberikan kepada anak tersebut.

"Ini buat Lebaran ya THR," kata Anies lagi yang disambut tawa para masyarakat yang datang.

Anies mengaku meneruskan tradisi yang dilakukan ayah dan keluarganya dengan menaruh uang di dalam peci. Karena baju koko tak mempunyai kantong, maka ia meletakkan uang tersebut di peci.

"Meneruskan tradisi yang ayah saya lakukan. Ayah selalu menyiapkan uang baru dan diberikan ke,pada anak-anak. Baju koko kan enggak punya kantong, jadi peci menjadi tempat menyimpan uang. Ini kebiasaan kami," imbuh Anies.


Tak sekali, Anies setidak-tidaknya memberikan uang lembaran biru tersebut ke sejumlah anak kecil yang turut hadir. Sementara, di antara warga yang hadir, Anies terlihat meladeni ajakan swafoto.


Anies mengaku menyiapkan uang Rp50 ribu sebanyak 12 lembar dipeci. Ia juga sudah menyiapkan uang untuk dibagikan saat di jalan nanti.

"Kebiasaan tradisi, nantinya akan melakukan hal yang sama. Di jalan sudah saya siapin. jumlahnya variasi. Yang penting bukan jumlahnya, tapi barunya, uangnya belum pernah ketekuk," tutup Anies.

Rencananya, usai melaksanakan salat Id, Anies akan mengunjungi Presiden RI Joko Widodo dan menghadiri acara open house sejumlah kolega lainnya.

Pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, Anies melaksanakan open house bagi warga DKI Jakarta di Rumah Dinas Gubernur di kawasan Taman Suropati, Menteng Jakarta Pusat. Open house dilaksanakan hingga pukul 17.00 WIB. (ctr/bir)