Para Menteri Jokowi Silaturahmi ke Rumah Megawati

CNN Indonesia | Rabu, 05/06/2019 13:42 WIB
Para Menteri Jokowi Silaturahmi ke Rumah Megawati Sejumlah menteri dan kepala lembaga negara mengunjungi kediaman Megawati Soekarnoputri untuk silaturahmi pada Lebaran 2019. (Foto: CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belasan menteri di Kabinet Kerja dan kepala lembaga negara berkunjung ke kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Mereka yang terlihat datang adalah Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Jaksa Agung HM Prasetyo, hingga Kapolri Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Para menteri yang menyambangi rumah Mega terus bermunculan. Mereka umumnya irit bicara saat tiba dan langsung masuk ke dalam.


Pejabat yang tiba di rumah Megawati adalah Menpan RB, Syafruddin dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.


Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo; Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara; Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya.

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan; dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Di samping para menteri, kepala lembaga juga banyak yang berkunjung. Mereka di antaranya adalah Ketua DPR RI Bambang Soesatyo; Jaksa Agung, HM Prasetyo; Kepala Bulog, Budi Waseso; dan beberapa lainnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan penerimaan para tamu kala Idul Fitri ini sudah jadi tradisi Megawati.

"Ini menjadi tradisi bagi Ibu Megawati dan keluarga untuk menerima sahabat-sahabat dekat dan tamu-tamu kehormatan di dalam hari yang sangat baik, hari kemenangan di mana kita bersama-sama berhalal bihalal," ucap Hasto, Rabu (5/6).

Makanan Khas Solo

Terpisah, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan dirinya memboyong sejumlah makanan langsung dari Solo untuk disajikan di hari Idul Fitri.

Solo sendiri diketahui merupakan kampung halaman dari mantan Panglima ABRI tersebut.


Menurut Wiranto, hal itu sudah menjadi tradisi yang ia lakukan setiap tahunnya. Pasalnya, kata Wiranto, dirinya selalu menjanjikan kepada koleganya untuk menyajikan makanan khas Solo saat Open House.

"Saya selalu mendatangkan makanan khas Solo, kampung saya, ada nasi liwet, ada tengkleng, ada gulai, ada sate kere, ada kupat tahu, ada macam-macam yang dari Solo, kurang lebih delapan lah, delapan atau sepuluh macam," tutur Wiranto di Kuningan, Jakarta, Rabu (5/6).

Wiranto mengungkapkan makanan itu langsung ia boyong dari Solo. Artinya, sambung Wiranto, makanan tersebut bukan makanan khas Solo hasil katering di Jakarta. (bin/asa)