Idul Fitri 2019, Ahok Doakan Kerukunan Bangsa Terjaga

CNN Indonesia | Rabu, 05/06/2019 15:22 WIB
Idul Fitri 2019, Ahok Doakan Kerukunan Bangsa Terjaga Ahok ucapakan selamat idul fitri 1440 Hijriah. (Screenshot via Instagram/@basukibtp)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 Hijiriah kepada umat muslim Indonesia.

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, saya ucapkan Selamat Idul Fitri, selamat meraih kemenangan, mohon maaf lahir batin," ucap Ahok lewat akun instagram pribadinya,  @basukitp, Rabu (5/6).

Mantan terdakwa kasus penistaan agama itu juga mendoakan agar Tuhan memberkati, menjaga dan memelihara kerukunan bangsa Indonesia di tengah lebaran 2019 ini.


"Semoga Tuhan menjaga dan memelihara kerukunan bangsa Indonesia," ujar kader PDIP itu.

Tak ada keterangan lokasi di mana Ahok memberikan ucapan selamat lebaran tersebut.

[Gambas:Instagram]

Umat muslim di Indonesia merayakan Idul Fitri, Rabu (5/6). Presiden Joko Widodo sendiri menunaikan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Adapun khatib sekaligus imam di Masjid Istiqlal Jakarta pada lebaran 2019 ini diisi oleh mantan Menteri Agama era Megawati Soekarnoputri, Said Agil Husin Al-Munawar. Dalam khutbahnya, Said mengajak seluruh masyarakat untuk saling menebar maaf. Menurutnya, memberi dan meminta maaf adalah sikap yang dianjurkan oleh Allah SWT.

Tema khutbah Salat Id idul fitri 2019 di Masjid Istiqlal adalah 'Memberi Maaf Membangun Kebersamaan'. Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu menyebut pada dasarnya manusia diciptakan tidak untuk saling bertikai, melainkan mengabdi kepada Allah SWT.


Sudah semestinya, kata dia, manusia menerapkan Alquran dan sunnah Nabi Muhammad SAW sebagai prinsip utama.

"Sesungguhnya jika setiap tindak kejahatan dibalas dengan kejahatan yang lain, maka hal itu justru akan melahirkan dendam," tuturnya.

"Segera minta maaf jika merasa menyinggung perasaan orang lain merupakan sikap yang mulia," kata Said Agil menambahkan.

[Gambas:Video CNN] (dal/DAL)