Puncak Padat, Polisi Berlakukan Contraflow dan One Way

Antara, CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 14:36 WIB
Puncak Padat, Polisi Berlakukan Contraflow dan One Way Ilustrasi kemacetan tol menuju Puncak Bogor. Polisi memberlakukan contraflow hingga one way situasional. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arus lalu lintas yang mengarah ke Puncak, Bogor, dan Sukabumi mengalami kemacetan dimulai dari keluar pintu tol Ciawi pada H+2 Lebaran, Jumat (7/6).

Kemacetan menuju Puncak menyebabkan kendaraan yang menuju Sukabumi dari keluar tol Jagorawi pun tersendat. Kepolisian memberlakukan sistem contraflow atau lawan arus untuk mengurangi kemacetan di wilayah itu.

Contraflow diberlakukan di Tol Jagorawi, tepatnya di ruas Ciawi Km 46+500 hingga Km 45 arah Jakarta. Sedangkan satu arah atau one way diterapkan menuju Puncak dari Gadog.


Seperti diketahui, selama sepekan sistem lalu lintas satu arah diberlakukan mulai 6 Juni hingga 9 Juni mulai pukul 07.00 WIB. Sedangkan sistem satu arah Jakarta mulai pukul 14.00-19.00 WIB. Penerapannya situasional tergantung kepadatan lalu lintas.


[Gambas:Instagram]

Sementara, di Sukabumi kemacetan dimulai dari pintu keluar tol Cigombong hingga Cibadak. Sejumlah pengemudi mengeluhkan kemacetan itu.

"Kami sudah lewat jalan alternatif, tetap saja macetnya panjang," kata seorang pengemudi, Rusdi di Sukabumi.

Rusdi yang bersama keluarganya berangkat dari Tangerang pukul 07.00 WIB dan hingga pukul 13.00 WIB masih terjebak di kemacetan di wilayah Parungkuda.

Rencana Rusdi dan keluarganya hendak ke rumah saudaranya di Cibadak. Namun, ia akhirnya beristirahat dulu di tempat peristirahatan untuk menghilangkan kepenatan.

"Saya harap ada solusinya, karena setiap Lebaran jalan arah Sukabumi pasti macet," katanya.


[Gambas:Video CNN] (ain)