Ajak Jan Ethes, Jokowi Temui Sultan HB X di Keraton Yogya

CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 15:12 WIB
Ajak Jan Ethes, Jokowi Temui Sultan HB X di Keraton Yogya Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi, dan cucunya Jan Ethes. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada hari ketiga Lebaran 2019, Presiden Joko Widodo menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogya Hadiningrat, Jumat (7/6). Jokowi juga mengajak istrinya, Iriana Joko Widodo, dan cucunya, Jan Ethes.

Jokowi menaiki mobil Mercy bernomor polisi B-1060-RFS tiba di Keben Keraton Yogyakarta sekitar pukul 10.40 WIB.


Saat memasuki regol atau pintu gerbang Keben, Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang disambut empat puteri Sultan HB X yakni GKR Condrokirono, GKR Hayu, GKR Maduretno, dan GKR Mangkubumi.


Selanjutnya, Sultan HB X bersama istrinya GKR Hemas dan puteri bungsunya GKR Bendoro menyambut Presiden di Regol Srimanganti atau pintu gerbang tengah Keraton.

Jokowi Temui Sultan HB X di Keraton pada H+3 LebaranRaja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Antara Foto/Agus Nugroho)
Pertemuan antara Sultan HB X, Jokowi, dan Iriana itu berlangsung di Gedong Jane yang berada di kompleks utama Keraton Ngayogyakarta. Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

"Pertemuan berlangsung tertutup sekitar 30 menit," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah DIY Aditya Nanaryo Aji, dikutip Antara.


Presiden Jokowi keluar dari pintu gerbang atau Regol Keben Keraton sekitar pukul 11.10 WIB dengan diantarkan Sultan HB X dan keluarga.

Sehari sebelumnya, Jokowi membagikan 3.000 paket sembako untuk warga Yogyakarta di Gedung Agung, Yogyakarta. Sembako itu terdiri dari gula pasir, minyak goreng, beras, dan teh.

Jokowi bersama rombongan tiba di Gedung Agung pada pukul 16.00 WIB. Ribuan warga yang sebagian telah menunggu sejak pagi kemudian dipersilakan masuk satu persatu melewati alat pendeteksi (X-Ray) untuk mengambil paket sembako.

Sambil menggandeng Jan Ethes, Jokowi lalu menghampiri kerumunan warga dari balik pagar Gedung Agung. Jokowi juga dampingi puteranya Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, saat menyalami sejumlah warga yang memanggil namanya.


[Gambas:Video CNN] (Antara/pmg)