Polisi Antisipasi Dampak Lonjakan Wisatawan Kepulauan Seribu

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 08/06/2019 19:47 WIB
Polisi Antisipasi Dampak Lonjakan Wisatawan Kepulauan Seribu Kepolisian memaksimalkan pengamanan Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin pergi ke Kepulauan Seribu atau kembali ke Jakarta. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian memaksimalkan pengamanan Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin pergi ke Kepulauan Seribu atau kembali ke Jakarta dalam rangka libur Lebaran.

Kapolres Tanjung Priok AKBP Reynold E.P. Hutagalung mengatakan terdapat sejumlah hal yang menjadi perhatian di pelabuhan tersebut.

"Persiapan dilakukan dalam memberikan pelayanan untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung wisatawan yang akan berangkat tujuan Kepulauan Seribu dan kembalinya," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/6).


Adapun yang menjadi fokus pengamanan adalah terkait kapasitas kapal. Pengecekan dilakukan dengan observasi ke kapal-kapal agar tidak melebihi kapasitas daya angkut.


Reynold mengatakan pihaknya juga telah menyampaikan ke PT SSA yang merupakan pengelola tiket ke Kepulauan Seribu untuk memaksimalkan pelayanan.

Selain itu, polisi juga akan mengatur arus lalu lintas untuk menuju satu pintu menuju Pelabuhan Kali Adem.

"Melalui ploting anggota pengamanan terbuka dan tertutup, kami juga mengawasi dan memantau hal-hal yang mencurigakan dengan barang bawaan para penumpang, terkait benda tajam, minuman keras serta narkoba," tuturnya.

Reynold juga menyarankan supaya wisatawan mau datang lebih awal untuk antisipasi membludaknya di tempat pembelian tiket.

"Mengantisipasi membludaknya jumlah wisatawan disarankan kepada para penumpang untuk datang lebih awal atau membeli tiket melalui online yang sudah tersedia, jaga barang masing-masing untuk keamanan dan kenyamanan bersama," ucapnya.


Sebelumnya, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, ratusan wisatawan sudah memadati Dermaga Kali Adem di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara sejak pagi tadi, Sabtu (8/6). Tak sedikit di antaranya datang sebelum dermaga dibuka pada pukul 08.00 WIB.

Mayoritas wisatawan merupakan rombongan keluarga. Sebagian dari mereka datang ke dermaga menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor. Setelah itu, kendaraan itu biasanya dititipkan di dekat dermaga.

Beberapa pulau tujuan wisatawan yang paling populer, yakni Pulau Tidung, Pulau Harapan, dan Pulau Pari. Harga penyeberangan dibanderol sekitar Rp47 ribu-Rp62 ribu tergantung tujuan pulau. (dis/end)