Puncak Arus Balik dengan Kereta Diprediksi Hari Ini dan Esok

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 08/06/2019 20:30 WIB
Puncak Arus Balik dengan Kereta Diprediksi Hari Ini dan Esok PT KAI memprediksi puncak arus balik bagi pengguna kereta api jatuh pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6), dan kebanyakan penumpang berasal dari daerah timur Jawa. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprediksi puncak arus balik bagi pengguna kereta api jatuh pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6). Kebanyakan penumpang datang dari Surabaya, Yogyakarta, dan Sidoarjo.

"Tentunya [penumpang datang] dari arah timur yaitu Surabaya, Yogyakarta dan Sidoarjo," ujar Executive Vice President (EVP) PT KaI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6).

Dadan menyebut sejak hari ini untuk Stasiun Senen terdapat 66.606 penumpang yang datang sejak Kamis (6/6). Selain itu, untuk Stasiun Gambir volume kedatangan penumpang dari 6 Juni sampai 8 Juni mencapai 58.154.


"Puncak arus balik tanggal 8 Juni, tanggal 9 Juni, Hari Sabtu, Hari Minggu," kata Dadan.
Untuk itu, Deden mengatakan pihaknya pun mempersiapkan pengamanan dan posko khusus Stasiun Senen. Pengamanan terlebih dilakukan untuk menjaga pendatang yang datang saat malam hari.

"Untuk antisipasi tentunya kami siapkan pengamanan dan posko khususnya Stasiun Senen, untuk kedatangan kereta malam, kami antisipasi di keamanannya," ucapnya.

PT KAI memprediksi jumlah pengguna kereta di tahun ini mengalami peningkatan sebesar sembilan persen jika dibandingkan tahun 2018. Tahun ini diprediksi pengguna kereta mencapai 997.730, dibandingkan tahun lalu sebesar 915.540 orang.

Puncak arus balik bagi pengguna kereta api ini tak jauh berbeda dengan pengguna bus. Kepala Terminal Thofiq Winanto memprediksi puncak arus balik di terminal itu jatuh pada Minggu (9/6) pagi.
Jumlah penumpang yang tiba di Kampung Rambutan esok diprediksi bakal lebih banyak dibanding pada arus mudik.

Hingga Sabtu pukul 00.00-15.00 WIB, penumpang yang datang di Kampung Rambutan sudah mencapai 11.507 orang. Angka ini sudah melebihi jumlah penumpang yang tiba kemarin.

"Untuk potensi puncak belum bisa prediksi tapi yang jelas kurang lebih 9 Juni ini masih akan ada kenaikan. Karena pukul tanggal 9 pagi tiba, 9 sore istirahat, tanggal 10 sudah aktivitas," ujar Thofiq saat ditemui di kantornya, Sabtu (8/6). (gst/end)