Pemudik di Stasiun Gambir dan Senen Masih Tinggi

CNN Indonesia | Minggu, 09/06/2019 12:11 WIB
Pemudik di Stasiun Gambir dan Senen Masih Tinggi Ilustrasi pemudik di Stasiun Senen. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops I mencatat jumlah pemudik yang kembali ke beberapa wilayah di Pulau Jawa dari Stasiun Gambir dan Stasiun Senen sampai dengan Minggu (9/6) ini masih tinggi. Humas PT KAI Daop 1 Eva Chaerunisa mengatakan berdasarkan data yang dimilikinya pada Minggu ini jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir masih mencapai 18.826 orang.

Jumlah penumpang tersebut masih di atas rata-rata normal harian di Stasiun Gambir. 

"Jumlah tersebut masih di atas rata-rata penumpang harian pada waktu normal atau hari kerja yakni berkisar diantara 10.000 sampai dengan 13.000 per hari," kata Eva kepada CNNIndonesia.com, Minggu (9/6).


Meskipun demikian, jumlah penumpang tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan yang tiba di Stasiun Gambir. Pasalnya, untuk Minggu ini jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta dengan menggunakan kereta yang turun di Stasiun Gambir mencapai 19.850 orang. 


Ia mengatakan penumpang tersebut kemungkinan besar masih akan bertambah lagi. Pasalnya, pihaknya memperkirakan arus balik Lebaran 2019 masih akan terjadi dan mencapai puncaknya pada 9 Juni-16 Juni nanti.

Catatannya, jumlah penumpang yang mudik dari Stasiun Gambir sejak 26 Mei lalu mencapai 300.098 orang. Dari jumlah penumpang tersebut, yang sudah kembali ke Jakarta dari 6 Juni sampai Minggu ini baru mencapai 78.249 penumpang.

Sementara itu untuk Stasiun Senen, jumlah pemudik yang diberangkatkan pada Minggu ini masih mencapai 24.138 orang. Jumlah tersebut lebih besar dibanding pemudik yang kembali ke Jakarta melalui Stasiun Senen.

Pasalnya, pada Minggu ini jumlah pemudik yang bakal kembali lewat Stasiun Senen hanya 23.744 orang.

[Gambas:Video CNN]

(sah/agt)