'One Way' di Cikampek Disebut Rampung Jam 08.00 WIB

CNN Indonesia | Senin, 10/06/2019 06:45 WIB
'One Way' di Cikampek Disebut Rampung Jam 08.00 WIB Sistem One Way di Cikampek. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rekayasa lalu lintas satu arah atau One Way menuju Jakarta pada musim arus balik lebaran 2019 disebut akan disudahi pada Senin (10/6) pukul 08.00 WIB. Hingga saat ini, kemacetan masih berlangsung akibat sistem tersebut.

"06.12 WIB situasi lalin di exit [Tol] Karawang Timur arah Jakarta terpantau padat, karena masih berlangsungnya One Way mulai KM 70 Cikampek sampai dengan Km 29 Cikarang Utama," tulis akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, Senin (10/6) pagi.

"Dan rencananya akan dinormalkan kembali pukul 08.00 WIB pagi ini," imbuh akun tersebut.


Sebelumnya, sistem One Way diberlakukan pada puncak arus balik lebaran 2019 mulai KM 70 Cikampek sampai dengan Km 29 Cikarang Utama. Sistem ini didesain untuk menampung kendaraan yang membludak menuju jabodetabek. Namun, kepadatan tetap terjadi.

Kepadatan itu terjadi tak hanya pada arus kendaraan yang menuju Jakarta dan sekitarnya. Kendaraan dari arah Jakarta pun tersendat. Terutama di pintu keluar tol untuk menuju jalur alternatif non-tol.


Misalnya, Jalan Arteri Karawang, Jawa Barat, yang macet akibat penerapan One Way di jalan Tol Trans Jawa dari Kilometer 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga Kilometer 29 jalan Tol Jakarta-Cikampek, Minggu (9/6) malam.

Dikutip dari Antara, kemacetan panjang terjadi dua arah di sepanjang jalan Arteri Karawang-Cikampek. Dari Cirebon menuju Jakarta atau sebaliknya, dari arah Jakarta menuju Cirebon, arus lalu lintas macet.

Kemacetan parah terpantau di sejumlah titik jalan Arteri Karawang seperti di wilayah Simpang Jomin, Dawuan, Cikampek, dan Klari.

"Sudah lebih dari dua jam ini terjebak macet di Karawang," kata Robi, seorang pemudik dari Semarang yang akan balik ke daerah Bekasi saat ditemui di Karawang.

[Gambas:Video CNN] (arh)